youtube channel

Channels

Dimaki Pelanggan, Barista Ini Malah Dapat Tip Rp1,1 Miliar

Dimaki Pelanggan, Barista Ini Malah Dapat Tip Rp1,1 Miliar

Lenin Guiterrez, barista di San Diego, AS, mengucapkan terima kasih atas tip dari netizen (Foto: Lenin Guiterrez)

Seorang barista sebuah kedai kopi di San Diego, Amerika Serikat (AS) mendapat tip hingga Rp1,1, miliar setelah dimaki pelanggan. Begini kronologinya.

Adalah Lenin Gutierrez, seorang barista kedai kopi waralaba internasional di San Diego, AS, yang mendapat tip hampir 80 ribu dollar AS atau setara Rp1,1 miliar.

Kejadian berawal saat pemuda berusia 24 tahun ini melayani pelanggan seperti biasa pada shift kerjanya. Saat itu datang pelanggan tak mengenakan masker bernama Amber Lynn Gilles yang mencoba memesan sesuatu.

Namun Gutierrez mengingatkan Gilles untuk mengenakan masker sambil menunjukkan aturan perusahaan tentang penerapan protokol kesehatan.

Bukannya segera mengenakan masker, Gilles malah memaki-maki Gutierrez. Ia kemudian memfoto barista itu dan posting di akun Facebook-nya.

Maksud Gilles ingin mempermalukan Gutierrez di media sosial malah ia sendiri yang kena hujatan dari netizen.

Di kolom komentar, banyak netizen yang mendukung Gutierrez dan berharap dapat segera mengunjungi kedai kopi tempatnya bekerja untuk memberi tip khusus.

Diantara yang posting dukungan terhadap Gutierrez adalah Matt Cowan. Ia mengaku kecewa dengan Gilles yang mencoba membully Gutierrez lantaran melakukan sesuatu hal yang benar.
Karena itu Cowan menggalang dana lewat dunia maya untuk memberi tip terhadap Gutierrez.
"Orang-orang tidak meminta kamu macam-macam. Mereka meminta Anda mengenakan masker agar Anda dan orang lain selamat," kata Cowan.
Awalnya Cowan menargetkan tip yang terkumpul untuk Gutierez sebesar 1.000 dollar AS atau setara Rp14,2 juta. Namun sepekan kemudian ada ribuan orang yang menyumbang, hingga dana yang terkumpul hampir 80 ribu dollar AS.
Melihat banyaknya orang yang memberi tip, Gutierrez menjadi terharu. Ia berencana menggunakan uang itu untuk mengejar impiannya, yaitu menjadi penari dan menyumbangkan sebagian ke beberapa lembaga di komunitas San Diego.
CNN


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments