youtube channel

Channels

Desa Siluman! Ada Kantornya di Subang, Jawa Barat

Desa Siluman! Ada Kantornya di Subang, Jawa Barat

Foto: Blog Mang Capri

Penduduknya tampak seperti manusia pada umumnya. Ada laki-laki. Ada pula perempuan. Ada anak-anak. Ada pula yang lanjut usia. Kehidupannya juga sama dengan manusia pada umumnya. Desa ini juga dipimpin seorang kepala desa yang dibantu para perangkatnya. Desa Siluman ini ada di Subang, Jawa Barat!

antvklik.com - Ya! Desa Siluman! Ada di wilayah Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Ternyata, desa ini bukan desa gaib. Bukan pula desa fiktif. Namun beneran desa manusia. Nama Siluman diambil dari nama sebuah sungai kecil Cisiluman yang melintasi Dusun Kadawung.

Kali Cisiluman dulunya digunakan bersembunyi para pejuang desa saat melawan penjajah Belanda. Untuk mengenang sejarah, kali Cisiluman ditetapkan sebagai nama desa.

Desa Siluman terbagi atas delapan dusun, meliputi Dusun Siluman Kerajan, Dusun Siluman Girang, Dusun Siluman I, Dusun Siluman II, Dusun Bakan Subang, Dusun Cilekor, Dusun Bakan Pintu serta Dusun Kadawung.

Selain sebagai petani penduduk Desa Siluman adalah pengrajin industri rumahan yaitu mebel kursi/ kursi jok dan ukiran.

Desa Siluman! Ada Kantornya di Subang, Jawa Barat Foto: Blog Mang Capri

Entah ada hubungannya atau tidak. Di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ada dusun bernama Dusun Setan. Dusun ini berada di Desa Candiretno. Ada yang menyebut bahwa nama Setan ini merupakan akronim dari kata Secang Wetan. Ya, boleh-boleh saja …

Desa Siluman! Ada Kantornya di Subang, Jawa Barat Foto: Blog Galih Sniper

Nah, kalau di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur ada lagi yang serem. Namanya Desa Pocong!

Desa Siluman! Ada Kantornya di Subang, Jawa Barat Foto: Blog Kanal247

Pengisap Anggaran!

Kalau Desa Siluman yang satu ini lain lagi! Ini adalah Desa Siluman pengisap anggaran!

Fenomena “Desa Siluman” yang ini pertama kali diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Saat itu Senin (4/11/2019) laporan evaluasi kinerja APBN Tahun Anggaran 2019 digelar di ruang rapat Komisi XI DPR RI. Disebut, ada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Polda Sulawesi Tenggara kini bahkan sedang menangani kasus dugaan 56 desa siluman di Kabupaten Konawe. Tiga desa yang diduga fiktif diantaranya Desa Ulu Meraka, Kecamatan Lambuya. Desa Ueapi, Kecamatan Uepaian. Desa Morehe, Kecamatan Uepai. Data hasil temuan Satgas Kemendes, tiga desa diduga fiktif ini, menerima dana desa dari Kemendes, sejak tahun 2015.

Presiden Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/11/2019) memerintahkan penangkapan mereka yang merancang desa fiktif.

Desa siluman bermunculan seiring adanya kucuran dana desa. Dibuat agar bisa menyedot anggaran dana desa. Kemenkeu mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp70 triliun pada 2019. Di Indonesia tercatat ada 74.597 desa pada 2019, yang tersebar di 514 kabupaten/kota. Setiap desa mendapatkan anggaran sekitar Rp900 juta.

Mengintip Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, dana desa tahun depan naik Rp2 triliun. Walhasil, pemerintah akan menggelontorkan Rp72 triliun untuk desa pada 2020.

Desa Siluman yang mengisap anggaran ini adalah bukti akurasi data milik pemerintah cacat!


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments