youtube channel

Channels

Derinkuyu, Kota Bawah Tanah Terbesar Di Dunia!

Derinkuyu, Kota Bawah Tanah Terbesar Di Dunia!

Kota bawah tanah di Turki

antvklik.com - - Kalo lo jalan-jalan ke Turki nggak ada salahnya buat ngunjungin sub-provinsi Derinkuyu, Provinsi Nevsehir, karna di tempat ini ada satu kota bawah tanah yang diperkirain adalah yang terbesar di dunia.

Disebut dengan nama kota bawah tanah Derinkuyu, karna letaknya emang di daerah Derinkuyu. Kota ini punya kedalaman antara 54-60 meter dari permukaan tanah atau sekitar 177 kaki, dengan luas 3.8 km persegi dan bisa nampung sekitar 20 ribu orang beserta hewan ternak, barang-barang dan bahan makanan yang diperluin.

Di dalemnya ada berbagai ruangan yang bisa dibilang sebagai simbol bangunan kayak di atas tanah lainnya, kayak galeri, tempat tinggal, ruang pertemuan, kapel, sekolah sampe gudang senjata.

Kota bawah tanah di TurkiKota bawah tanah di Turki

Para arkeolog yang ngegali kota ini memperkirain kalo dulunya kota bawah tanah Derinkuyu dibangun sama bangsa Hittit kuno dengan memahat dan ngelobangin batuan vulkanik lunak di wilayah Kapadokia. Uniknya, sistem ventilasi udara di kota ini juga berfungsi dengan baik jadi nggak ngakibatin orang yang ngediaminnya bakal keracunan gas alam.

Abis di bagian atas dikerjain sama bangsa Hittit, buat perluasan sampe ke bagian dalamnya, menurut Departemen Kebudayaan Turki, diterusin sama bangsa Phrygia di abad ke-8 SM. Pengerjaan kota ini terus berlanjut dari satu bangsa ke bangsa lain, sampe akhirnya dilanjutin sama penduduk sekitar yang udah menganut agama Kristen dan berbahasa Yunani.

Kota bawah tanah di TurkiKota bawah tanah di Turki

Secara keseluruhan, kota bawah tanah Derinkuyu berhasil terbentuk di masa Binzantium atau ketika sering terjadinya peperangan antar pasukan Muslim sama non-Muslim sekitar tahun 780-1180. Kota ini berfungsi sebagai tempat perlindungan dari peperangan Binzantium-Arab di masa itu. Selain buat ngindarin peperangan, kota ini juga berfungsi buat tempat perlindungan penduduk sekitar dari serangan suku-suku Mongolia di bawah pimpinan Timour Beg di abad ke-14 yang berekspansi ke daerah Turki.

Kota bawah tanah di TurkiKota bawah tanah di Turki

Uniknya, walaupun ngejorok ke bawah tanah sampe berpuluh-puluh meter jauhnya, ada juga lorong-lorong khusus di kota bawah tanah Derinkuyu yang berfungsi buat penghubung antara kota satu dengan kota lain sepanjang puluhan mil.

Setelah wilayah itu jatuh dan ada dibawah kekuasaan Utsmaniyah atau era Ottoman, banyak orang-orang Kristen yang nempatin kota bawah tanah Derinkuyu tersebut pergi dan ninggalin tempat itu. Pada akhirnya di tahun 1923, komplek kota itu benar-benar nggak lagi ditempatin sama pasukan Muslim atau penduduk sekitarnya. Dan bisa dibilang sejak waktu itulah, kota bawah tanah Derinkuyu tertimbun dan nggak diketahuin orang selama berabad-abad lamanya.

Kota bawah tanah terbesar Derinkuyu ditemuin lagi setelah warga sekitar nemuin sebuah bilik misterius di balik dinding rumahnya. Dan di tahun 1963, dilakuin penggalian dan penelitian tentang kota bawah tanah tersebut.

Sekarang kota bawah tanah Derinkuyu jadi salah satu destinasi wisata menarik di daerah tersebut. Selain kota bawah tanah Derinkuyu, ada sekitar 30 kota lainnya yang beberapa di antaranya kebuka buat dikunjungin wisatawan, kayak Kaymakli, Ozkonak, Ozluce, dan Gaziemir.

Kota bawah tanah di TurkiKota bawah tanah di Turki


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments