youtube channel

Channels

Dari Penjual Udang Pasar Wuhan China Inilah Asal Mula Virus Corona, Bagaimana Kisahnya?

Dari Penjual Udang Pasar Wuhan China Inilah Asal Mula Virus Corona, Bagaimana Kisahnya?

Dari Penjual Udang Pasar Wuhan China Inilah Asal Mula Virus Corona Bikin Pandemi Seluruh Dunia. (Foto:viralbake.com)

Wanita berusia 57 tahun, Wei Guixian, seorang penjual makanan laut di pasar Hunan di Wuhan diduga menjadi pasien pertama akibat virus corona. Kisah awal dirinya terinfeksi, dikira flu biasa ternyata bikin pandemi dunia.

antvklik.com - Dikutip dari media China, The Wall Street Journal juga menerbitkan laporan yang mengklaim bahwa Wei adalah salah satu kasus pertama yang diduga terpapar virus corona yang dilaporkan di China. Meskipun tidak dikonfirmasi, pada penelitian saat ini, Wei cenderung menjadi 'pasien nol.'

Wei, adalah pedagang udang konon memiliki virus corona di dalam toilet pasar. Komisi Kesehatan Kota Wuhan menyatakan bahwa Wei termasuk di antara 27 pasien pertama yang dites positif terkena virus corona. Wei juga memiliki sejarah mengunjungi atau bekerja di pasar makanan laut Wuhan.

Pasar satwa liar di provinsi Hunan, Tiongkok. (Wikimedia Commons / Ye Wei) Pasar satwa liar di provinsi Hunan, China. (Wikimedia Commons / Ye Wei)

Wei Guixian mulai merasa sakit dan mengunjungi klinik untuk pertama kalinya pada 10 Desember 2019. Dia minum obat flu dan kembali bekerja di pasar. Tetapi kondisinya semakin memburuk, dia pergi untuk mengecek ke rumah sakit lain, di Rumah Sakit Kesebelas di Wuhan.

Di sana juga penyakitnya tidak teridentifikasi, sebaliknya dia hanya diberi pil. Seminggu kemudian Wei tidak sadarkan diri dan di bawa ke Rumah Sakit Union Wuhan pada 16 Desember untuk pemeriksaan yang layak.

Kasus Pertama

Dokter menjelaskan, bahwa banyak orang lain juga memiliki gejala yang sama seperti dialami Wei. Selanjutnya Wei dikarantina sejak minggu terakhir bulan Desember. Pada saat itu laporan hubungan antara pasar makanan laut dan penyakit pernapasan telah keluar

Penyakitnya didiagnosis sebagai virus corona pada tanggal 31 Desember. Sesuai laporan, pemerintah Cina telah mengidentifikasi setidaknya 266 orang yang terinfeksi virus corona pada tahun 2019.

Menjadi kasus pertama yang dilaporkan, nama Wei dianggap sebagai pasien nol, tetapi tidak ada konfirmasi resmi yang sama.

Dalam laporan sebelumnya, sebuah media China 'Global Media' mengklaim bahwa pengendara sepeda militer AS adalah sumber wabah coronavirus yang baru.

Laporan yang diterbitkan pada 25 Maret mengutip teori konspirasi AS George Webb dan mengklaim bahwa virus itu dikembangkan di laboratorium militer AS.

Selanjutnya virus itu dibawa ke Cina melalui pengendara sepeda Maatje Benassi yang ikut serta dalam Pertandingan Militer Dunia yang diadakan di Wuhan pada Oktober 2019. Sebelum ini, AS menuduh China mengembangkan virus dan mengirimkannya ke dunia.

Ibtimes.sg


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments