youtube channel

Channels

Budi Daya Kelinci Menghasilkan Puluhan Juta Rupiah. Bagaimana Caranya?

Budi Daya Kelinci Menghasilkan Puluhan Juta Rupiah. Bagaimana Caranya?

Budi daya kelinci beromzet puluhan juta.

Budi daya kelinci menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Untungnya puluhan juta tiap bulan. Anda tertarik?? Begini caranya.

antvklik.com - Budi daya kelinci merupakan salah satu usaha yang menjanjikan keuntungan yang besar bila ditekuni secara serius. Salah satunya adalah Suryadi warga peternak kelinci dari Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Suryadi beternak kelinci sejak tahun 2006. Awalnya usaha beternak kelinci hanyalah sebuah sampingan. Suryadi lebih fokus sebagai pedagang di daerah Sleman. Namun kian tahun usaha kelincinya makin berkembangan dan juga pesanan yang semakin meningkat. Suryadi memilih pensiun dari berjualan dan memilih budi daya kelinci sebagai pekerjaan utamanya.

“Awalnya saya jualan di Sleman. Pelihara kelinci iseng. Cuma makin hari yang pesan kelinci makin banyak. Saya kewalahan. Ya udah saya mulai serius di budi daya kelinci,” katanya.

Saat ini dirinya memilki 100 indukan kelinci dan 100 anakan kelinci yang siap jual. Jenisnya pun bermacam-macam.

“Saya punya jenis newzealand white dengan ciri bulu putih dan mata merah. Ada juga hycooll, tubuh panjang dan bokong bulat. Ada juga jenis rex. Rex, bulu berwarna putih dan bercorak hitam. Ada california dengan ciri kuping, telinga dan buntut berwarna hitam atau coklat. Saya juga punya yang buat kontes. Jenis flemish giant dengan ciri postur yang panjang, bulu halus dan berat dua kalilipat dari kelinci umumnya yang berbobot 8 hingga 10 kilogram.”

Untuk perawatan kelinci tidak sulit menurut Suryadi. Cukup dengan membersihkan kandang minimal sehari sekali dan penyemprotan antiseptik pada kandang 2 kali sehari. Sedangkan untuk pakan, Suryadi memberi makan dua kali sehari, yaitu pagi dan menjelang malam.

“Pakan cukup menggunakan pelet khusus kelinci dan hijauan seperti daun pisang, rumput lapangan dan jenis kangkung. Kita kasih juga jerami yang biasa disebut hey.”

Setiap bulannya Suryadi bisa menjual 50 ekor kelinci. Dengan harga yang menggiurkan Rp150- Rp500 per ekor. Bahkan untuk jenis flemish giant, Suryadi bisa menjual di atas Rp 1 juta per ekornya.

“Saya ga takut ga laku, pembelinya banyak. Ga cuma Kulon Progo dan Sleman, tapi juga yang jauh-jauh kaya, Bantul, Yogyakarta, Jakarta, Bandung,” kata Suryadi.

Bagaimana anda tertarik budi daya kelinci? Ga ada salahnya anda coba. Untungnya bisa puluhan juta.

Arri Wibowo/ Kulon Progo/ Yogyakarta


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments