youtube channel

Channels

Bahaya Kosmetik (Palsu) Tanpa Ijin BPOM

Bahaya Kosmetik (Palsu) Tanpa Ijin BPOM

Kosmetik palsu mengakibatkan kanker kulit. (Foto: Viva.co.id)

SA ditangkap Polres Berau, Kalimantan Timur, Minggu 13 OKtober 2019 karena menjual kosmetik palsu. Salah-salah bukannya makin cantik, kosmetik palsu malah membuat pengguna menderita kanker.

antvklik.com - SA mendapatkan kosmetik palsu dengan cara membeli pada seorang pedagang kosmetik di Makassar, Sulawesi Selatan. SA membeli dengan harga Rp 85 ribu dan menjual kembali dengan cara online seharga Rp 135 ribu.

Ia mulai menjual kosmetik palsu sejak Januari 2109. Setiap bulannya SA meraup untung hingga Rp 13 juta.

Apa ancaman penyakit bagi para pengguna kosmetik ilegal/ palsu?

Kanker mengancam pengguna kosmetik palsu.

Kosmetik yang tidak memiliki izin tentu patut di curigai mengandung bahaya bagi penggunanya. Terutama bahaya yang terpapar dari merkuri.

Seperti dikutip dalam halodoc.com, merkuri menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Bahaya apa saja yang timbul akibat kosmetik abal-abal berbahan merkuri.

1. Menyebabkan Kerusakan pada Sistem Pencernaan, Saraf, dan Ginjal

Merkuri bersifat korosif untuk kulit. Mengoleskan kosmetik yang mengandung merkuri secara terus-menerus akan membuat kulit semakin tipis dan membuat kerusakan pada kulit maupun kesehatan kamu. Merkuri dapat meresap ke dalam kulit dengan cepat dan paparan merkuri yang tinggi nyatanya dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal.

2. Dapat Memperlambat Pertumbuhan Janin

Para dokter kandungan biasanya menyarankan para ibu yang sedang mengandung untuk tidak menggunakan kosmetik selama kehamilan. Ini untuk menghindari dampak merkuri pada kosmetik untuk tumbuh kembang janin dalam perut.

Terlalu sering terpapar kandungan merkuri nyatanya membuat janin akan lambat dalam tumbuh kembang. Bahkan yang paling parah, kandungan merkuri dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kulit atau pun wajah, agar ibu maupun bayi tetap sehat.

3. Membuat Kulit Semakin Pucat dan Flek

Penggunaan kosmetik mengandung merkuri nyatanya bukan akan membuat kulit kamu putih merona, melainkan putih pucat dan justru akan membuat masalah baru pada wajah yaitu flek hitam. Sebaiknya pilih produk yang benar-benar alami agar tidak menimbulkan masalah baru kedepannya untuk wajah kamu maupun kesehatan kamu.

4. Iritasi Kulit

Pada kulit, merkuri nyatanya dapat menyebabkan iritasi dan juga gangguan ringan pada kulit. Biasanya, iritasi yang muncul pada kulit berupa gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan, dan ruam pada kulit. Penggunaan merkuri dalam jangka panjang pada kulit akan berdampak serius pada jangka panjang.

5. Kanker Kulit

Yang paling parah dari dampak penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri adalah penyakit kanker kulit. Kandungan merkuri bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan virus kanker akan menyebar ke seluruh tubuh

6. Berkurangnya Fungsi Otak

Selain untuk kesehatan tubuh, bahaya logam merkuri juga menyebabkan berkurangnya fungsi otak pada tubuh kita. Lebih parahnya lagi merkuri bisa menyebabkan otak pada tubuh kita tidak berfungsi dengan baik.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments