youtube channel

Channels

Apakah Virus Corona Ancam Kehamilan dan Bayi? Ini Kata Ahli Medis Dunia

Apakah Virus Corona Ancam Kehamilan dan Bayi? Ini Kata Ahli Medis Dunia

Ibu hamil sedang menimbang badan di sebuah rumah sakit di AS (Foto: Reuters)

Sudah banyak ahli yang menyebut besarnya risiko virus corona terhadap kalangan usia lanjut dan bagi yang mengidap sejumlah penyakit bawaan. Lalu. apakah virus corona ancam kehamilan dan bayi juga?

antvklik.com - Para ahli sudah menyebutkan, rendahnya risiko virus corona atau Covid-19 pada anak-anak.

Dari semua kelompok umur, anak-anak termasuk remaja, memiliki risiko kematian terendah akibat COVID-19. Mereka juga memiliki tingkat yang lebih rendah pada spektrum yang lebih parah.

"Anak-anak pasti akan terinfeksi, tetapi kemungkinan mereka akan mengalami kondisi yang serius tampaknya sangat rendah," kata Peter Collignon, profesor penyakit menular di sekolah kedokteran Universitas Nasional Australia.

Menurut Collignon, jumlah rata-rata yang terinfeksi juga tidak setinggi yang diduga.

Biasanya anak-anak yang terjangkit virus pernapasan cenderung menjadi lebih tidak sehat dan cenderung menularkan penyakit. Namun ini tampaknya tidak terjadi pada wabah Covid-19.

Sebagian Kecil Terinfeksi

Sebuah penelitian yang mengamati 1.391 anak-anak yang kontak langsung dengan kasus Covid-19 di China menemukan hanya 12 persen dari mereka yang terinfeksi.

"Bukan karena anak-anak tidak terinfeksi, tetapi mereka terinfeksi pada tingkat yang jauh lebih rendah daripada kelompok usia yang lebih tua," kata Collignon.

Menurutnya, penelitian menunjukkan anak-anak cenderung memiliki gejala yang relatif ringan, tetapi jarang terjadi kasus tanpa gejala sama sekali.

"Datanya meyakinkan. Sejauh ini tidak banyak kasus penyebaran asimptomatik (tanpa gejala) pada anak-anak yang kita ketahui."

Tapi ini bukan berarti Covid-19 tidak dapat membuat kondisi kesehatan si anak jadi parah.

Tiga anak dalam penelitian yang disebut Profesor Collignon memerlukan perawatan intensif, tetapi ketiganya memang memiliki kondisi kesehatan bawaan.

Penelitian lain, melibatkan 2.000 anak dengan Covid-19 yang dikonfirmasi atau dicurigai di China, menemukan kasus yang parah dan kritis dari penyakit ini hanya dalam proporsi yang kecil di setiap kelompok umur.

Gejala pada kasus yang parah ini termasuk kadar oksigen yang rendah atau gagal napas.

Bayi dan Balita


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments