youtube channel

Channels

Anak Jenius, Umur 9 Tahun Raih Gelar Sarjana Teknik

Anak Jenius, Umur 9 Tahun Raih Gelar Sarjana Teknik

Anak jenius asal Belgia Laurent Simmons (Foto: [email protected] Simmons)

Ada seorang anak jenius dari Belgia. Umurnya baru 9 tahun tapi meraih gelar sarjana teknik elektro.

antvklik.com - Laurent Simons, bocah berumur 9 tahun ini akan segera menyelesaikan kuliahnya di Eindhoven University of Technology (TUE). Ia mengambil jurusan Teknik Elektro, sebuah jurusan yang dikenal sulit bagi para mahasiswa di sana.

Namun bagi Laurent, itu bukan masalah besar. Ia akan menyelesaikan kuliahnya pada Desember nanti. Padahal ia baru masuk kuliah pada 2018 lalu setelah tamat dari SMA.

Usai diwisuda, Laurent ternyata belum puas menimba ilmu. Menurut ayahnya, Alexander Simons, anaknya akan mengambil dua kuliah sekaligus, yaitu akan mengambil gelar doktor di bidang yang sama dan kuliah ilmu kedokteran.

Kecerdasan Laurent sudah diketahui sejak usia dini. Sang ibu, Lydia mengaku, guru-guru Laurent sudah melihat sesuatu yang spesial tentang anaknya. Masa sekolah menengah yang harusnya ditempuh 6 tahun, dapat diselesaikan dalam waktu 18 bulan saja.

"Mereka (guru Laurent) memberitahu sesuatu yang sangat spesial tentang Laurent," kata Lydia.

Saat gurunya memberikan tes soal-soal untuk mengetahui kemampuannya dan hasilnya luar biasa.

"Mereka (guru Laurent) mengatakan kepada kami bahwa (otak) Laurent seperti sebuah busa penyerap. (Kemampuan) menyerap informasi bukan masalah bagi Laurent. Saya pikir, fokusnya berikutnya adalah melakukan riset dan menerapkan ilmunya untuk menemukan sesuatu yang baru," kata Alexander.

Laurent Simmons lulus kuliah di usia 9 tahun (Foto: [email protected] Simmons)

Makan Ikan

Laurent berasal dari keluarga dokter. Namun ayahnya tidak mengetahui bagaimana anaknya yang memiliki skor IQ 145 dapat menyerap pelajaran secepat itu.

Tapi Lydia punya teori sendiri soal asal mula kejeniusan anaknya.

"Saya makan ikan terlalu banyak saat mengandung (Laurent)," canda Lydia.

Kampus TUE mengijinkan Laurent kuliah lebih cepat dari mahasiswa lain meski hal itu bukanlah hal yang biasa. Bagi TUE, Laurent adalah mahasiswa tercepat yang menyelesaikan kuliah di kampus mereka sejauh ini.

"Laurent adalah mahasiswa tercepat yang pernah kita miliki sejauh ini. Tidak hanya dikenal memiliki kecerdasan hiper, Laurent juga merupakan anak yang simpatik," kata Sjoerd Hulshof, Direktur Pendidikan TUE.

Meski dapat melahap pelajaran dengan cepat, orangtua Laurent justru ingin anaknya tetap bermain seperti anak-anak lainnya.

"Kita tidak ingin ia (Laurent) terlalu serius. Kerjakan apa yang ia suka. Kita ingin ada keseimbangan antara talenta dengan dunia kanak-kanaknya," kata Alexander lagi.

Sumber: CNN, The Telegraph


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments