youtube channel

Channels

Ampo Penganan dari Tanah Liat

Ampo Penganan dari Tanah Liat

Ampo Penganan dari Tanah Liat

antvklik.com - Bila disebut nama Cirebon, tentu sebagian kita langsung ingat penganan khasnya seperti empal gentong. Namun ini lain lagi. Di Desa Jamblang Cirebon ini ada perajin penganan yang aneh bagi sebagian orang. Ampo, penganan ringan yang terbuat dari tanah liat.Ya tanah liat yang dalam ingatan sebagian orang menjadi bahan baku pembuata gerabah, batu bata atau genteng.

Makanan dari tanah liat yang diberi nama “Ampo” ini sudah menjadi makanan tradisional yang dipercaya menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit. “Saya kecil udah suka makan ginian, karena baunya harum terus rasanya gurih,"kata Sutina, penggemar Ampo.

Ini kan terbuat dari tanah nih bu, ibu gak takut ada kuman?"Ngga, karena dari dulu ada ini sejak jaman kakek moyang. Kalo lagi mual, eneg nyium ini aja lalu tenang”

Konon karena khasiatnya menghilangkan mual inilah makannya Ampo banyak dicari dan dimakan wanita-wanita hamil.

Untuk membuat camilan ini ternyata tidak terlalu sulit. Tanah liat yang bersih yang tidak tercampur dengan bebatuan, dicuci, lalu dipadatkan dengan membentuk persegi, mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan. Lalu stik dibakar dan diasapi selama 1 jam. Setelah itu Ampo siap buat dimakan. “Tahun empat lima diajarin ibu sama nenek, sudah lama,”kata Najiri, pembuat Ampo.

Dalam sehari Najiri bisa membuat lima kotak ampo yang dijualnya Rp 25 ribu sekotak. Salah seorang penggemar Ampo adalah Leni. Biasanya Leni bisa menghabiskan satu kotak ampo. “Kalo sehari biasanya satu, tapi kalau pas lagi hamil nambah terus. “Rasanya enak sedep, gurih, apalagi pas baru mateng. Baunya kaya tanah baru disiram air hujan”

Wisnu Tresna, reporter ANTV mencoba mencicipi Ampo yang baru matang. Pas ditanya gimana rasanya Wis?" “pahit,” katanya.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments