youtube channel

Channels

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia

- Gereja merupakan tempat dan ssarana peribadatan bagi kalian yang beragama nasrani. Di Indonesia sendiri tersebar banyak gereja di seluruh pelosok negeri.

antvklik.com - Tak jarnag gereja-gereja ini memiliki desain yang unik dan arsitektur yang keren.

Walau kebanyakan desain arsitekturnya masih dipengaruhi oleh gaya artsitektur Belanda atau negara Eropa lain, namun masing-masing punya ciri khas tersendiri.

Berikut beberapa gereja dengan arsitektur terunik yang ada di Indonesia.

1. Gereja Katedral, Jakarta

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia Source: Wikipedia

Tidak mungkin kalau kita berbicara tentang gereja dengan arsitektur terunik yang ada di Indonesia kita tidak membicarakan soal Gereja Katedral Jakarta ini.

Usia gereja ini sudah lebih dari 100 tahun. Gereja Katedral sendiri di desain dengan menambahkan pengaruh arsitektur neo-gothic seperti yang ada di Eropa.

Gereja Katedral Jakarta juga memiliki 3 menara yaitu, Menara Daud, di sebelah utara, Menara Gading, letaknya di selatan, menara yang berbentuk salib yang dinamakan Menara Malaikat Tuhan.

2. Gereja Merah, Kediri

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia Source: google image

Menurut prasasti, Gereja Merah ini diresmikan pada 21 Desember 1904. Nama Gereja Merah sendiri baru resmi digunakan sejak tahun 1996 silam. Bangunannya sama seperti gereja pada umumnya, namun warna temboknya saja yang berubah menjadi merah.

Pada awalnya gereja ini warnanya seperti gereja normal berwarna putih gading. Namun ketika itu salah satu pendeta memutuskan untuk mengganti warna temboknya menjadi warna merah. Sampai sekarang, Warna merah tersebut tetap dipertahankan karena masuk dalam cagar budaya.

3. Gereja Maria Annai Velangkanni, Medan

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia Source: google image

Kalau seklilas mungkin kalian akan menyangka kalau bangunan ini merupakan sebuah Kuil atau Vihara. Namun ternyata bangunan ini adalah sebuah gereja katolik. Disinilah letak keunikan dari gereja ini.

Gereja ini dibangun memang sengaja menyerupai bentuk kuil Hindu. dan di desain oleh pastor James Bharataputra S.K dan dibangun pada september 2001.

4. Gereja Palasari, Bali

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia Source: Google image

Arsitektur Gereja Palasari terlihat sangat kental dengan arsitektur balinya yang dipadukan dengan gaya arsitektur Gothic. Sepasang gapura bali menyambut kita ketika kita baru sampai di gereja ini. Gereja ini sudah melayani umat sejak tahun 2000.

Selain menjadi sarana peribadatan, Gereja ini juga menjadi salah satu objek wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata.

5. Gereja Santo Fransiskus Asisi Berastagi, Sumatera Utara

5 Gereja Dengan Arsitektur Terunik dan Terkeren di Indonesia Source Facebook

Bangunan ini sangat terlihat seperti rumah adat suku Batak. Mungkin kalian tidak akan menyangka kalau sebenarnya bangunan ini adalah Gereja. Desainnya memang terinspirasi dari rumah adat Karo yang sangat indah nan cantik.

Keputusan yang diambil untuk membuat gereja ini adalah selain untuk membuat sebuah gereja atau sarana peribadatan yang unik bisa juga turut melestarikan nilai leluhur dan nilai budaya.

Baca juga:


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments