youtube channel

Channels

4 Kiat Sukses Sederhana Mencapai Tujuan Hidup

4 Kiat Sukses Sederhana Mencapai Tujuan Hidup

Foto: Nebula Widya Putri | ANTV

Setiap tahun, setiap orang, mengungkapkan doa-doa sukses. Melontarkan pengharapan kemudahan hidup. Ya! Intinya semua orang memang ingin sukses. Apa saja kiat sederhana untuk mencapai sukses?

antvklik.com - Setiap akhir tahun, banyak yang merenung. Banyak yang merasa setahun terlewati tanpa kesuksesan. Banyak yang merencanakan tujuan-tujuan baru, namun tidak sedikit yang tetap terjerat kesulitan. Gagal mencapai tujuan-tujuan itu.

Berapa kalikah Anda memulai bulan Januari dengan semangat memuncak untuk mencapai tujuan tertentu? Setiap tahun! Berapa kali pula Anda merosot antusiasme, melemah semangat saat melakoni bulan Februari? Setiap tahun!

Jade Wu, psikolog dari Amerika Serikat mengungkapkan empat kiat psikologi agar tujuan lebih mudah tercapai. Dilansir dari Psychologytoday.com, psikolog yang tinggal di Durham, Carolina Utara ini menyatakan bahwa motivasi adalah suatu tipu daya psikologi.

Jade Wu menganalogikan motivasi seperti mesin. Mesin yang bisa Anda rekayasa sesuai kebutuhan. Ini terkait pola berpikir Anda. Berpikir positif akan memicu hasil positif.

Berikut ini ada 4 kiat psikologi untuk bermain dengan “mesin” motivasi Anda dalam menetapkan tujuan:

Mempelajari keahlian baru daripada fokus pada hasil

Fokus pada keahlian yang ingin dipelajari daripada hasil yang ingin dicapai. Biasanya, saat kita menentukan tujuan, kita memikirkan apa yang ingin kita capai, batasan-batasan apa yang ingin kita lewati.

Misalnya tujuan mengurangi berat badan 10 kg, mendapatkan promosi di tempat kerja adalah hal yang bagus. Namun penelitian mengungkapkan bahwa menetapkan tujuan jangka panjang berdasarkan hasil pencapaian tidak seefektif menetapkan tujuan dalam mempelajari keahlian tertentu.

Jika tujuan Anda mengurangi berat badan sebanyak 10kg, baiknya mungkin meningkatkan pengetahuan Anda tentang nutrisi. Mempelajari lima resep makan siang yang sehat. Dengan begitu, target yang Anda tetapkan akan terasa lebih mudah tercapai.

Yakin bahwa tujuan tersebut berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan

Tujuan berbeda dengan nilai. Jade Wu memberi contoh perahu yang berlayar di lautan. Tujuan adalah pulau pada garis cakrawala. Nilai adalah rasi bintang yang dapat menunjukkan Anda menuju arah pulau di cakrawala itu. Rasi bintang setiap orang berbeda-beda. Penting untuk memahami gambaran besar suatu hal yang penting bagi Anda agar tidak tersesat.

Bagi sebagian orang, hubungan sosial adalah nilai kehidupan besar. Untuk mereka, tujuan yang baik dapat menjelajahi ragam kegiatan baru yang bisa dilakukan dengan teman-teman yang akan membantu masyarakat sekitar. Contohnya bisa berupa menjadi relawan di penampungan binatang liar, membantu mereka atas kehidupan sekitar, dan sekadar berbagi pengalaman.

Tanyakan diri sendiri apakah tujuan Anda sudah berdasarkan nilai-nilai kehidupan yang lebih besar. Jika belum, buatlah beberapa penyesuaian. Jika tujuan Anda mencerminkan nilai yang sangat Anda pegang, akan cenderung lebih berhasil daripada hanya sekadar pencapaian saja.

Buatlah tujuan sebagai tantangan, bukan ancaman

Jika tujuan Anda berdasarkan intimidasi, kecenderungan untuk gagal lebih besar daripada tujuan berdasarkan tantangan.

Berikut contohnya:

Ancaman: Saya harus lebih rajin belajar karena jika tidak akan gagal di semester ini.

Tantangan: Saya harus menciptakan rutinitas belajar yang baru supaya dapat berubah menjadi tipe pelajar yang saya inginkan.

Ancaman: Saya harus mengetahui bagaimana cara tidak mendesak atasan baru di kantor hubungan yang goyah ini tidak berlanjut.

Tantangan: Saya ingin memperbarui hubungan dengan bos baru dengan mempelajari beberapa keahlian baru dalam berkomunikasi.

Perbedaan signifikan dari ancaman dan tantangan adalah bahwa tujuan yang berdasarkan tantangan lebih mutlak dan menyeramkan. Jika tujuan berdasarkan ancaman tersebut tidak kunjung tercapai, bisa jadi Anda menghindar, enggan berurusan dengan situasi itu. Sementara tujuan berdasarkan tantangan cenderung lebih penuh harapan dan berwawasan ke depan.

Buatlah kontrak dengan orang lain

Sebagai makhluk sosial, semua aspek kehidupan manusia berpengaruh pada interaksi terhadap manusia lain termasuk dalam menetapkan tujuan.

Terkadang sedikit tekanan sosial dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan. Jika tujuan-tujuan yang terbuat sudah diketahui orang lain, Anda dapat meminta bantuan mereka untuk mengingatkan Anda mempertanggungjawabkan tujuan tersebut. Terdapat sesuatu mengenai menaruh komitmen pada suatu tujuan kepada orang lain yang membuat Anda lebih bertahan, atau mungkin lebih sulit untuk menyerah.

Bahkan Anda dapat membuatnya selangkah lebih maju dengan menandatangani kontrak dengan seseorang di atas kertas. Buatlah tujuan spesifik dan bagaimana Anda akan mencapainya, dalam berapa lama, dan hadiah apa yang akan Anda dapatkan setelah tujuan tercapai. Keduanya harus menandatangani dokumen ini dan setuju untuk meninjaunya secara berkala untuk memastikan Anda tetap dalam jalur mencapai tujuan.

Jadi, jangan takut membuat tujuan baru. Nantikan tantangan-tantangan baru pada tahun yang baru ini, tapi pastikan agar tetap berdasar pada nilai-nilai kehidupan untuk mendapat peluang keberhasilan yang lebih tinggi.

Nebula Widya Putri,
Mahasiswa magang dari Politeknik Negeri Jakarta jurusan Penerbitan Jurnalistik


icon featured

Popular

icon featured

Comments