youtube channel

Channels

Robot Canggih Anjing Kuning Ini Bisa Buka Pintu Sendiri

Robot Canggih Anjing Kuning Ini Bisa Buka Pintu Sendiri

Robot Canggih Anjing Kuning Ini Bisa Buka Pintu Sendiri

antvklik.com - - Robot anjing garapan perusahaan Boston Dynamic menjadi lebih canggih. Pasalnya, robot canggih anjing kuning ini bisa membuka pintu sendiri dan menutupnya lagi. Loh kok bisa ya robot. Mungkin tidak mengherankan apapun yang dilakukan robot layaknya manusia, namun jika robot anjing yang bisa melakukan hal yang dilakukan manusia, mungkin ini sedikit aneh.

Boston Dynamics dikenal sebagai perusahaan robotik dengan beragam robot canggih. Terbaru, perusahaan yang kini milik SoftBank tersebut menciptakan sebuah robot anjing kuningyang bisa ditugaskan untuk membuka pintu. Nama robot anjing canggih ini adalah Spot Mini. Robot anjing ini sebetulnya merupakan versi lebih kecil dari robot spot, yakni robot anjing Boston Dynamics yang dibesut untuk aktivitas marinir Angkatan laut di Amerika Serikat (AS).

Boston Dynamics pun memamerkan kebolehan akan kecerdasan Spot Mini dalam sebuah video. Seorang manusia berusaha menghalangi Spot Mini untuk membuka pintu. Ia bahkan mencoba menghalangi robot berwarna kuning ini dengan sejumlah objek, mulai dari stik hockey, hingga tali untuk menarik si robot dari pintu. Pada kenyataannya, robot ini bersikeras untuk tetap membuka pintu dan berhasil.

Saat Spot diluncurkan pada November 2015, robot anjing tersebut juga memicu reaksi kurang enak di masyarakat. Bagaimana tidak, Spot memiliki berat 160 pounds atau sekitar 72 kilogram yang membuat fisiknya tampak besar dan mengerikan. Bahkan, ada yang menyebut robot itu bisa menyerang manusia jika merasa disudutkan. Pihak marinir AS juga sempat menguji kemampuan robot tersebut dengan menjalankannya di medan kasar yang terbuat dari lantai beton, lalu mengujinya di perbukitan, hutan hingga jalanan aspal perkotaan.

Baca Juga:

Spot dapat dikontrol dari jarak 500 meter dengan laptop dan kontroler konsol game. Meski memiliki kaki empat, robot ini sangat mudah untuk dikendalikan dan diandalkan untuk misi pengintaian musuh. Boston Dynamics sebelumnya diakuisisi Google pada Desember 2013. Boston Dynamics sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang perancangan dan pengembangan perangkat robotik.

Kecanggihan yang ditawarkan oleh robot anjing kuning ini justru menuai kontroversi dari masyarakat. Masyarakat sedikit gelisah dengan kehadiran dari Spot Mini ini. Soalnya keberadaan Spot Mini ditakutkan akan disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak wajar, seperti orang ingin mencuri di sebuah rumah, maka bisa menggunakan robot anjing ini.

Hey Buddy, Can You Give Me a Hand?


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments