youtube channel

Channels

Thailand 0-0 Vietnam: The War Elephants Gagal Menjadi Raja Sepak Bola ASEAN

Thailand 0-0 Vietnam: The War Elephants Gagal Menjadi Raja Sepak Bola ASEAN

Thailand 0-0 Vietnam - The War Elephants Gagal Menjadi Raja Sepak Bola ASEAN (Foto: Istimewa)

Timnas Thailand gagal melakukan pembalasan atas Vietnam, saat kedua tim yang juga bertetangga layaknya Indonesia dan Malaysia ini bertemu pada match pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G yang berlangsung di Thammasat Stadium, Pathum Thani, Kamis malam (5/9/2019). Pertandingan yang berlangsung panas ini berakhir imbang tanpa gol.

antvklik.com - Pada pertemuan terakhir, di turnamen King's Cup 2019 pada 5 Juni lalu, Thailand sebagai tuan rumah disingkirkan Vietnam di semifinal.

Kembalinya empat pemain yang berkiprah di luar negeri dari Timnas Thailand seperti Chanathip Songkrasin, Teerathon Bunmatha, dan Thitiphan Puangchan (J-League), serta Kawin Thamasatchanan (Liga Belgia), tidak berarti banyak buat kekuatan the War Elephants.

Tuan rumah Thailand yang mengandalkan Supachai Jaided sebagai striker tunggal gagal menceploskan satu gol pun ke gawang Vietnam.

Kegagalan dalam duel ini juga gagal menjadikan Thailand sebagai status raja sepak bola di ASEAN. Seperti diketahui, dominasi Thailand di sepak bola Asia Tenggara mulai meredup, tersaingi Vietnam, yang setidaknya dalam dua tahun terakhir bersinar terang.

Hasil imbang ini juga menjadi kegagalan bagi pelatih anyar timnas Thailand, Akira Nishino memperoleh kemenangan di laga perdananya sekaligus gagal membawa the War Elephants menduduki posisi atas di klasemen sementara Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Padahal Akira Nishino sebelumnya pernah membawa Timnas Jepang hingga fase 16 besar di Piala Dunia 2018.

Sebaliknya satu poin merupakan keberhasilan strategi Park Hang-seo di Timnas Vietnam, yang pernah membantu mengantar Timnas Korea Selatan melaju hingga semifinal Piala Dunia 2002. Ketika itu Park Hang-seo menjadi asisten pelatih bagi Guus Hiddink.

Menangani Vietnam sejak 2017 lalu, Hang-seo sudah mampu membawa prestasi bagi The Golden Stars. Di antaranya adalah finalis Piala Asia U-23 2018 dan semifinalis Asian Games 2018. Pada tahun yang sama, ia juga menyabet gelar juara Piala AFF untuk timnas Vietnam.

Hasil imbang ini sekaligus membuat catatan pertemuan kedua tim berubah. Dari 26 pertemuan, Thailand masih superior dengan memenangi 17 laga di antaranya, lima laga berakhir imbang, dan empat lainnya menelan kekalahan.

Timnas Thailand dan Vietnam tergabung di Grup G bersama Indonesia, Malaysia, dan Uni Emirat Arab.

(Berbagai Sumber)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments