youtube channel

Channels

Terpuruk di Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Senior Masih Bisa Lolos Piala Asia 2023

Terpuruk di Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Senior Masih Bisa Lolos Piala Asia 2023

Yeyen Tumena pelatih Ad Interim Timnas Senior Indonesia memberi instruksi pada pemainnya. Masih ada peluang lolos ke Piala Asia 2023, setelah peluang di Kualifikasi Piala Dunia 2022 kian berat. (Foto : PSSI).

Timnas Senior Sepakbola Indonesia, hingga saat ini masih jad juru kunci di Klasemen Grup-G, Kualifikasi Piala Dunia 2022, Zona Asia, setelah menelan kekalahan 0-2 dari Malaysia, Selasa (19/11).

antvklik.com - Kekalahan kelima dari lima laga ini membuat “Skuad Garuda” belum beranjak meraih poin dan bangkit dari dasar klasemen alias juru kunci, dengan nilai 0. Puncak klasemen ditempati Vietnam (5-11), diikuti Malaysia (5-9), Thailand (5-8), dan UEA (4-6). Timnas masih menyisakan tiga pertandingan. Away ke Thailand dan Vietnam, serta menjamu Uni Emirat Arab, awal 2020.

Peluang untuk lolos tahapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia hampir pasti tertutup. Namun tim yang kini ditangani Yeyen Tumena itu masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023. Sekadar diketahui, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia juga digunakan AFC untuk menggelar babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Nantinya, juara grup dan empat runner-up terbaik (12 tim) di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, bakal lolos otomatis ke Piala Asia 2023 yang digelar di China. Kemudian, untuk mencari 12 tim lainnya, AFC akan menggelar babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Nantinya, babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan diikuti 24 tim. Sebanyak 24 tim itu akan diambil dari peringkat dua Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang gagal merebut empat tim terbaik (empat tim), peringkat tiga (delapan tim), empat tim dengan peringkat empat terbaik (empat tim) dan delapan tim yang diambil dari babak playoff.

Peserta babak playoff sendiri (12 tim) diikuti empat tim yang gagal merebut peringkat empat terbaik (empat tim), serta delapan juru kunci grup. Karena itu, jika nantinya Indonesia finis sebagai juru kunci Grup G, mereka masih bisa lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Bagaimana caranya? Caranya adalah memenangi laga playoff yang menggunakan format kandang dan tandang. Meski begitu, jelas harapannya Timnas Indonesia tidak menduduki posisi juru kunci. Sebab, jika Timnas Indonesia dapat finis di posisi tiga Grup K Kualifikasi Piala Dunia 2022, Skuad Garuda dapat lolos otomatis ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, tanpa melewati babak play-off.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, Piala Asia 2023 diikuti 24 tim. Sebanyak 12 tim merupakan peserta babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, sedangkan 12 tim lainnya diambil dari juara dan runner-up grup di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments