youtube channel

Channels

Iran Ijinkan Perempuan Nonton Sepak Bola, Tiket Ludes Terjual

Iran Ijinkan Perempuan Nonton Sepak Bola, Tiket Ludes Terjual

Ekspresi suporter perempuan Iran saat mendukung timnas sepakbola mereka di laga tandang, atau di negara lain.

Hari Kamis (10/10) malam, Timnas Iran akan menjamu Kamboja, di pertandingan kedua Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan menjamu Kamboja, di Stadion Azadi, Teheran.

antvklik.com - Pertandingan ini akan jadi perhatian dunia. Bukan karena adanya seorang sosok bintang, atau serunya pertandingan, namun karena adanya kebijakan bảru pemerintah tentang sepakbola di Iran.

Dikutip dảri AFP, Untuk pertama kalinya, sejak tahun Revolusi Iran Tahu 1979, atau 40 tahun silam, Pemerintah Iran akhirnya mengijinkan perempuan hadir menyaksikan langsung pertandingan sepak bola di stadion. Selama ini perempuan dilarang hadir menyaksikan langsung sepakbola di stadion. Kebijakan ini untuk melindungi perempuan Iran dảri atmosfer kekerasan yang kerap muncul di stadion. Namun perempuan asing masih diperkenankan.

Larangan itu dicabut menyusul aksi protes membakar diri yang dilakukan oleh seorang suporter perempuan Iran bernama, Sahar Khodayari atau “Blue Girl” yang nekat melakukan aksi bakar diri hingga tewas, setelah tertangkap petugas hadir di stadion, dengan menyamar sebagai laki-laki. “Blue Girl” memprotes ancaman hukuman enam tahun penjara nekat melakukan aksi bakar diri.

Sepakbola Iran Spanduk protes yang memohon agar perempuan boleh nonton langsung sepakbola ke stadion di Iran.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) akhirnya ikut mendesak Iran agar mengijinkan perempuan hadir langsung menyaksikan pertandingan sepakbola di stadion, setelah mencermati maraknya aksi protes, yang cepat menjalar di era media sósial. Iran akhirnya mengakomodasi gelombang protes tersebut, dan akan menempatkan suporter perempuan di tempat terpisah dari laki-laki.

Kurang lebih 4000 tiket untuk kaum perempuan akhirnya langsung ludes terjual begitu pengumuman penjualan diumumkan. Jumlah itu masih akan mungkin bertambah, mengingat Stadion Azadi, di Teheran tempat bakal digelarnya pertandingan Kamis (10/10) malam nanti bísa menampung 100 ribu penonton.

Pertandingan Iran kontra Kamboja akan jadi bagian sejarah sepakbola Iran. Untuk pertama kali perempuan boleh hadir di stadion pasca Revolusi 1979. Tim sepakbola Iran, adalah kekuatan yang disegani di Asia. Mereka lima kali lolos ke putaran final Piala Dunia. Tahun 1978, 1998, 2006, 2014 dan 2018.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments