youtube channel

Channels

Malam Ini Dimulai, ITB Ultra Marathon Berjarak 200 KM Jakarta-Bandung

Malam Ini Dimulai, ITB Ultra Marathon Berjarak 200 KM Jakarta-Bandung

Malam Ini Dimulai, ITB Ultra Marathon Berjarak 200 KM Jakarta-Bandung

antvklik.com - ITB Ultra marathon adalah lomba lari yang digagas oleh Institut Tehnologi Bandung untuk merayakan HUT ke-100 ITB. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak 2017.

Kegiatan ini kerjasama ITB dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang juga menggandeng Yayasan Solidarity Forever (YSF). Untuk tahun 2019, jumlah peserta meningkat tiga kali lipat mencapai 6.000 peserta ultra marathon dan fun run. Pada 2017-2018 Ultra marathon ini menempuh jarak 170 kilometer.

di tahun 2019 ini, Ultra marathon menempuh jarak 200 kilometer dengan rute Jakarta - Bogor - Puncak - Cimahi - Bandung mulai 11-13 Oktober 2019. Start dimulai dari Gedung BNI Pusat, Jalan Sudirman Jakarta hari Jumat 11 Oktober 2019 pukul 22.00 WIB dan finish di Lapangan Basket Kampus ITB Bandung di hari Minggu 13 Oktober 2019 jam 10.00 WIB.

Ketua panitia, Danang mengatakan event ini dalam rangka menyongsong Ulang Tahun ITB ke-100.

"Ini juga bagian dari kampanye pola hidup sehat, membangun semangat solidaritas antara alumni ITB dan menjadikan ajang silaturahmi civitas alumni," ujar Danang yang juga mengikuti lomba ITB Ultra Marathon ini.

Marathon ini, memiliki 4 kategori kegiatan yaitu Lomba, Festival dan Fun Run. Kategori lomba dibuka untuk ultra marathon yg berlari diatas 42 kilometer.

Sedangkan untuk kategori festival merupakan non ultra marathon yaitu pelari relay 9 dan relay 18.

Untuk kategori lomba, ada tiga jenis lomba yaitu:

1. Solo 200 km Putra dan Putri

2. Relay 2x 100 km Putra dan Putri

3. Relay 4 x 50 km Putra dan Putri

Sementara untuk Fun Run merupakan lari dengan jarak tempuh 5 Kilometer.

Untuk kategori festival, ada dua jenis acara yaitu:

1. Relay 9x23 Km

2. Relay 18x12 Km

"Sebagai alumni kita harus dukung event olahraga ini. Saya sendiri ikut di dua tim di Rute Tajur (Kuntum Farmfield) ke Cisarua (Melrimba Garden Hotel) dan rute kedua BNI Cimahi ke ITB Bandung," ucap Harlin Rahardjo sebagai peserta lari Ultra Marathon estafet.

Total hadiah mencapai Rp375 juta untuk 25 jenis hadiah. Selain itu disediakan hadiah khusus 1,2,3 bagi peserta umum dan peserta khusus yang merupakan keluarga besar ITB di setiap kategori khusus.

Berikut rute yang akan dilalui peserta BNI Sudirman, Bundaran HI, Patung Kuda, Putar balik depan Kemenhub, Patung Kuda, Sudirman, Al Azhar Sisingamangaraja, Melawai Raya, Pangeran Antasari, TB Simatupang, Raya Ps Minggu, putar balik rel kereta, Tanjung Barat, Lenteng Agung, Akses UI, Cimanggis, Cibinong, Bogor, Tajur, Ciawi, Gadog, Cisarua, Puncak Pass, Cipanas, Cianjur, Ciranjang, Rajamandala, Cipatat, Padalarang, Kotabaru Parahyangan, Cimahi, Gunung Batu, Pasteur Junjunan, Tamansari, Kampus ITB.

Selain ITB Ultra Marathon, untuk mensukseskan acara ini kembali dilaksanakan Fun run 5K yang berlangsung di Kota Bandung, Minggu 13 Oktober. Titik start mulai di Jalan Sukarno Alun-alun Bandung dan finish di Kampus ITB, berbarengan dengan Ultra Marathon. (*)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments