youtube channel

Channels

Rencana Kelanjutan Liga Inggris, Protes Pemain dan 6 Orang Positif Covid-19

Rencana Kelanjutan Liga Inggris, Protes Pemain dan 6 Orang Positif Covid-19

Raheem Sterling (Manchester City) menjadi salah satu pemain Liga Inggris yang keberatan bermain selama kondisi belum aman.(Foto: Twitter Raheem Sterling)

Premier League mengumumkan enam orang anggota klub, termasuk di antaranya pemain, positif terpapar virus Corona (Covid-19), Selasa, 19 Mei 2020. Hal itu diumumkan Premier League setelah melaksanakan 748 tes Covid-19 yang diikuti 20 klub Liga Inggris 2019-2020 pada Ahad 17 dan Senin 18 Mei 2020.

antvklik.com - “Premier League mengonfirmasi, pada Minggu 17 dan Senin 18 Mei 2020, 748 orang pemain dan staf klub menjalani tes Covid-19. Dari semuanya itu, terdapat enam orang yang dinyatakan positif Covid-19 dari tiga klub berbeda,” bunyi pernyataan Premier League di situs resminya, Rabu, 20 Mei 2020.

“Pemain atau staf klub yang dinyatakan positif sekarang harus menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari ke depan. Premier League tidak akan merilis detail klub atau indidivu tersebut sesuai kebutuhan legal dan operasioal,” sambung pernyataan tersebut.

Dalam perkembangannya, baru diketahui empat orang dari enam yang dinyatakan positif Covid-19, tiga diantaranya merupakan satu pemain dan dua staf tim Watford. Namun Watford memilih tidak mengumumkan identitas tiga orang tersebut dan memastikan ketiganya sudah diisolasi.

Adapun satu orang lainnya adalah asisten pelatih Burnley, Ian Woan. Dalam pernyataan resminya, Burnley menyebut Ian Woan tidak mengalamai gejala apa pun dan kini menjalani isolasi mandiri di rumah. Sementara dua orang lainnya tidak disebutkan siapa dan dari klub mana saja.

Tentu saja hasil tes tersebut menjadi kekhawatiran. Sebab, klub-klub Liga Inggris dijadwalkan kembali berlatih pada pekan ini. Latihan digelar sebagai persiapan menyambut bergulirnya lagi kompetisi yang digadang-gadang akan bisa kembali dimainkan mulai pertengahan Juni 2020.

Sejauh ini klub-klub belum sepenuhnya sepakat kapan musim mesti dilanjutkan karena perbedaan pendapat terkait venue, keamanan dan degradasi. Kelanjutan Liga Inggris juga masih belum bisa dipastikan karena gelombang protes dari para pemain seperti Rose, Trooy Deeney (Watford), Willian Borges (Chelsea), dan Raheem Sterling (Manchester City) yang keberatan bermain selama kondisi belum aman.

Tes Covid-19 yang dilakukan Premier League adalah bagian dari "Project Restart" yang berisi panduan yang harus ditaati semua klub ketika menggelar latihan terbuka.

Setelah hasil tes Covid-19 sudah diumumkan, beberapa tim seperti Chelsea dan Manchester United sudah mulai latihan, Selasa, 19 Mei 2020.

Akibat pandemi virus corona, kompetisi sepakbola profesional di Inggris sudah ditangguhkan sejak 13 Maret rencananya akan kembali bergulir paling lambat 12 Juni 2020. Rencana itu juga sudah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Inggris.


icon featured

Related Article

icon featured

Comments