youtube channel

Channels

Tekad Timnas Indonesia Hadapi UEA : Raih Kemenangan Perdana, Pupus Rekor Negatif

Tekad Timnas Indonesia Hadapi UEA : Raih Kemenangan Perdana, Pupus Rekor Negatif

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (Paling kiri) didampingi Hansamu Yama berpose bersama Pelatih Timnas UEA Bert Van Marwijk (paling kanan)

Timnas Senior Indonesia, akan bermain ngotot tanpa beban menghadapi Uni Emirat Arab (UEA), di pertandingan ketiga Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung, Kamis (10/10) malam, pukul 23 00 WIB, di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA.

antvklik.com - Indonesia harus main ngotot, karena dua dari delapan pertandingan yang sudah berlangsung berakhir dengan kekalahan. Dikalahkan Malaysia 2-3 dan menyerah 0-3 dari Thailand. Sebisa mungkin enam sisa laga harus menghasilkan poin maksimal.

Timnas Indonesia siap bermain ngotot, tanpa terbebani kekalahan yang sudah ada dan rekor mentereng UEA yang secara teknis dan level dianggap berada diatas Indonesia.

“Menghadapi UEA adalah sebuah tantangan besar buat Timnas Indonesia, kami harus yakin bisa tampil lebih baik, dan itu butuh kerja keras untuk meraih hasil yang positif,” kata Pelatih Kepala Timnas Senior, Simon McMenemy, dalam sesi jumpa media, seperti dikutip dari laman PSSI, Rabu (9/10). Bek Timnas Indonesia, Hansamu Yama menambahkan sangat wajar UEA diunggulkan, namun Indonesia juga bisa membuat kejutan, karena dalam sepakbola semua kemungkinan bisa terjadi. Keinginan meraih kemenangan ada dan selalu memotivasi para pemain untuk bangkit, melupakan dua kekalahan terdahulu.

Kualifikasi Piala Dunia Pertemuan terakhir UEA dan Indonesia adalah di babak 16 Besar Asian Games 2018. Diwakili Timnas U-23 Indonesia kalah 3-4 dalam adu penalti setelah imbang 2-2 di waktu normal.

“Kami sudah datang ke UEA lebih awal, ternyata itu lebih memudahkan penyesuaian iklim disini. Membiasakan dengan perbedaan waktu. Semua strategi pelatih sudah disiapkan, tidak ada yang tidak mungkin, kita akan bekerja keras, meraih kemenangan,” tekad Hansamu.

Tim Indonesia banyak belajar dari kekalahan di dua laga awal, dan kini sudah siap “move” on untuk meraih kemenangan perdana, meski lawan yang bakal dihadapi secara teknis lebih berat.

UEA Hormati Indonesia

Sementara itu Pelatih Timnas UEA, Bert Van Marwijk, yang pernah mengantar Timnas Belanda lolos ke Final Piala Dunia 2010 itu, menghormati dan tidak meremehkan Timnas Indonesia, meski UEA diunggulkan bakal menang. “Saya menghormati Timnas Indonesia, mereka punya pemain-pemain yang spesial. Saya pikir, mereka hanya kurang beruntung di dua pertandingan awal, saat kalah,” ujar Marwijk, dikutip dari situs Federasi Sepakbola UEA.

UEA kini berperingkat 66 FIFA, tertinggi di Grup-G yang dihuni Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam yang berada di atas angka 100. Indonesia kini peringkat 167 FIFA. Dalam sejarahnya Indonesia dan UEA sudah empat kali bertemu dengan Indonesia, sejak tahun 1981, dengan skor 2-2, di level senior. Pertemuan terakhir di Asian Games 2018, diwakili Timnas U-23 imbang 2-2, namun kalah 3-4 dalam adu penalti di babak 16 besar.

Bert Van Marwijk, yang juga pernah melatih Saudi Arabia (2015-2017) dan Australia (2018) tak pernah kalah saat menangani menghadapi Tim Asia Tenggara, sejak melatih UEA, 20 Maret 2019 silam. Pelatih 67 tahun asal Belanda ini, memenangi tujuh pertandingan yang dijalani melawan Tim Asia Tenggara. Bersama UEA mengalahkan Timor Leste, 7-0 dan 10-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2018,. Selanjutnya, Van Marwijk yang pernah jadi pelatih Saudi Arabia (2015-2017) dan Australia (2018) juga pernah mengalahkan Malaysia pada 2015 dan 2016 di ajang yang sama. Di kedua pertemuan tersebut, UEA menang 2-1 dan 2-0. Pertemuan terakhir menghadapi Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, kembali menang 2-1.

Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia siap memupus rekor negatif lawan Tim Timur Tengah dan meraih kemenangan perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Bert van Marwijk juga meraih dua kali kemenangan atasThailand. Yaitu pada 2016 dan 2017 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018, dengan kemenangan 1-0 dan 3-0 saat membesut Australia.

UEA tercatat pernah sekali lolos ke putaran final Piala dunia 1990 lalu, meski tersisih di fase grup.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments