youtube channel

Channels

Virus Corona, Ramai-ramai Klub Liga 1 Pantau Kondisi Pemain, via Latihan Online

Virus Corona, Ramai-ramai Klub Liga 1 Pantau Kondisi Pemain, via Latihan Online

Pelatih klub Liga 1 Persib Bandung, Robert Rene Alberts memantau kondisi para pemainnya via latihan on line. (Foto: Twitter Persib)

Beberapa klub Liga 1 meliburkan skuatnya sampai waktu yang belum ditentukan. Keputusan meliburkan semua pemain, pelatih, dan staf tim merupakan langah preventif agar semua elemen di dalam tim tidak terpapar virus corona atau Covid-19.

antvklik.com - Namun untuk terus menggelar sesi latihan bersama sangat beresiko. Karena itu semua pemain diwajibkan untuk berlatih secara mandiri dengan program latihan yang wajib dijalani dan dipantau progresnya secara online.

Seperti yang dilakukan pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda ini mengaku tidak membiarkan para pemainnya libur begitu saja. Febri Hariyadi dan kawan-kawan tetap berlatih secara normal di rumah masing-masing, setelah mendapatkan program pelatihan mandiri.

Agar latihan berjalan sesuai rencana, para pemain Persib akan dipantau secara online oleh tim pelatih Maung Bandung.

"Kami sudah rancang ini sebelumnya. Nanti ada latihan yang tim pelatih awasi melalui video atau video call. Seminggu dua kali ada latihan ketahanan tubuh. Sekali dalam seminggu ada latihan aerobik dan non aerobik. Setelahnya mereka bisa improve latihan masing-masing sesuai kebutuhan," kata Robert di laman resmi Persib Bandung, Rabu 25 Maret 2020.

Persib saat ini duduk di puncak klasemen sementara Liga 1 2020 usai selalu meraih kemenangan dari tiga laga yang dijalankan.

Kebijakan yang sama juga diterapkan klub Liga 1 lainnya, Arema FC. Pelatih Singo Edan, Mario Gomez yang dibantu sejumlah asistennya telah memberikan sejumlah program latihan mandiri kepada Jonathan Bauman dan kawan-kawan di rumah masing-masing.

Hanya saja, tim pelatih Arema FC meminta bukti kepada para pemain bahwa mereka benar berlatih. Bukti itu diwujudkan melalui video, yang nantinya dikirimkan ke grup WhatsApp Arema FC atau secara pribadi.

“Ada teguran keras dan pasti ada konsekuensinya nanti untuk pemain yang tidak melakukan program yang sudah kami buat,” kata asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto, Kamis 26 Maret 2020.

Persik Kediri juga menerapkan latihan secara online setelah Liga 1 2020 diliburkan. Latihan ini diharapkan mampu menjaga kondisi Septian Bagaskara dan kawan-kawan tetap stabil selama tidak latihan bersama.

Pelatih Persik Kediri Joko Susilo mengatakan, format latihan berupa program tugas harian yang wajib dilakukan pemain setiap harinya dengan mendapatkan porsi latihan yang sama.

"Latihan hanya lebih ke maintenance kondisi untuk satu pekan ini,” tutur Joko Susilo.

Selain itu, Joko Susilo juga mengimbau anak asuhnya untuk menyetorkan video latihan sebagai pengganti absensi. Untuk menjaga kedisiplinan, dia pun sudah menyiapkan sanksi bagi pemain yang melangar aturan selama menjalani latihan online.

Wabah virus corona meluas di Indonesia, hingga Rabu, 25 Maret 2020 tercatat 686 warga yang terinfeksi Covid-19. Korban nyawa pun telah mencapai 55 orang.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengumumkan Liga 1 2020 ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan pada Ahad, 22 Maret 2020.

Para pemain sendiri wajib untuk tetap menjaga kondisi tubuhnya. Sebab, kompetisi Liga 1 2020 dapat bergulir kapan saja.


icon featured

Popular

icon featured

Comments