youtube channel

Channels

Jadi Korban politik, Mesut Ozil pensiun dari timnas Jerman

Jadi Korban politik, Mesut Ozil pensiun dari timnas Jerman

Jadi Korban politik, Mesut Ozil pensiun dari timnas Jerman

antvklik.com - - Mesut Ozil pensiun dari tim nasional Jerman, Minggu (22/7/2018). Ozil merasa dijadikan kambing hitam oleh Federasi Sepakbola Jerman (DFB) karena prestasi buruk Jerman di Piala Dunia 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan kepada publik sekaligus mengungkap perlakuan diskriminasi Federasi Sepakbola Jerman (DFB) terkait pertemuannya dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Mei 2018.

"Perlakuan yang saya terima dari DFB (Asosiasi Sepakbola Jerman) dan banyak lagi yang membuat saya tidak ingin lagi memakai kaos tim nasional Jerman."

"Saya tidak akan bermain lagi untuk Jerman di tingkat internasional sementara saya merasa diperlakukan rasisme dan tidak dihormati. Saya dulu memakai baju Jerman dengan kebanggaan dan kegembiraan, tapi sekarang saya tidak," tulis Ozil dalam surat terbuka yang diunggahnya lewat media sosial.

Kekecewaan lebih mendalam lagi dirasakan gelandang Der Panzer ini setelah juara bertahan Piala Dunia tersingkir di fase grup Rusia. Ozil menjadi target kritik untuk penampilannya serta pertemuannya dengan Erdogan, yang dituding melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Sang bintang Arsenal yang berketurunan Turki juga memberi penjelasan atas acara tatap mukanya dengan Presiden Turki tersebut.

"Bagi saya, berfoto dengan Presiden Erdogan bukan mengenai politik atau pemilihan, ini mengenai saya menghormati institusi tertinggi negara keluarga saya," kata Ozil dalam pernyataannya di Twitter.

"Pekerjaan saya adalah pemain sepak bola dan bukan politisi, dan pertemuan kami bukan merupakan dukungan kebijakan apa pun. Perlakuan yang saya terima dari DFB (Asosiasi Sepak Bola Jerman) dan banyak pihak lainnya membuat saya tidak lagi ingin mengenakan kaus Timnas Jerman," tambah Ozil.

Ozil dan keluarganya diteror pada Minggu malam. Dirinya menerima banyak surat kebencian, telepon gelap yang mengancam juga cercaan dari media sosial.

Mesut Ozil melakoni debut bersama timnas Jerman pada 2009. Hingga Piala Dunia 2018, total penampilannya adalah 92 kali dan telah mencetak 23 gol.

Pemain kelahiran 15 Oktober 1988 itu juga sukses mempersembahkan trofi juara dunia pada Piala Dunia 2014. Sebelumnya, pemain Arsenal itu juga mengantarkan tomnas Jerman menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2009.

"Saya merasa tidak diinginkan dan berpikir bahwa apa yang telah saya capai sejak debut internasional saya pada tahun 2009 telah dilupakan," ungkap Ozil.

icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments