youtube channel

Channels

Indonesia di Final Sepakbola SEA Games, 6 Kali ke Partai Puncak Dua Kali Juara

Indonesia di Final Sepakbola SEA Games, 6 Kali ke Partai Puncak Dua Kali Juara

Indonesia di Final Sepakbola SEA Games, 6 Kali ke Partai Puncak Dua Kali Juara

Timnas Indonesia di final Sepakbola SEA Games sudah enam kali tampil sepanjang event ini berlangsung. Dari enam kali tampil di partai puncak, Tim Merah Putih baru merasakan dua kali mendapat medali emas.

antvklik.com - Ya, Cabang Sepakbola memang selalu menjadi cabang olahraga favorit di event apapun, termasuk di pentas SEA Games. Di event dua tahunan ini, Sepakbola selalu menarik perhatian di setiap penyelenggaraannya.

Indonesia yang selalu ambil bagian sejak SEA Games 1977, sudah enam kali tampil di final. Sayang dari enam kali tampil di babak puncak, Indonesia baru bisa memenangkan cabang ini dua kali. Yakni di SEA Games 1987 di Jakarta dan SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Final pertama Indonesia terjadi pada tahun 1979. Saat itu SEA Games di gelar di Jakarta. Sayang, di final Indonesia harsu mengakui Malaysia 0-1 dan berhak mendapat medali perak.

Skuat Timnas Indonesia di SEA Games 1979

Final berikutnya pada SEA Games 1987. Saat itu, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah. Menghadapi Malaysia di final, Tim Merah Putih berhasil memenangkan laga dengan skor akhir 1-0 lewat babak perpanjangan waktu 2x15 menit. Indonesia pun meraih emas pertamanya di cabang sepakbola.

Skuat Timnas Indonesia di SEA Games 1987-1991

Empat tahun kemudian atau di SEA Games 1991 Manila, Filipina, Indonesia kembali meraih emas dari cabang Sepakbola. Di final, giliran favorit juara Thailand mereka kalahkan, lewat drama adu pinalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga babak ekstra time. Di babak tos-tosan, Indonesia menang 4-3.

Pada SEA Games 1997 di Jakarta, Indonesia kembali masuk final. Sayang Thailand tampil lebih baik dari Indonesia. Pertandingan harus selesai lewat adu pinalti, setelah kedudukan hingga babak perpanjangan waktu berkesudahan 1-1. Pada drama titik putih, Indonesia yang menurunkan pemain primavera bareti kalah 2-4 atas Thailand.

Skuat Timnas Indonesia di SEA Games 1997

Setelah itu, Indonesia baru bisa tampil di babak final pada tahun SEA Games 2011, yang lagi-lagi digelar di Jakarta. Sayang, untuk kesekian kalinya tim garuda harus mengakui lawan saat itu, Malaysia lewat adu pinalti. Bermain 1-1 hingga ekstra time, Indonesia menyerah 3-4 di babak tos-tosan.

Skuat Timnas Indonesia di SEA Games 2011

Final terakhir terjadi dua tahun kemudian atau pada SEA games 2013 di Yangon, Myanmar. Lagi-lagi Thailand menjadi penghalang Indonesia untuk meraih emas. Dalam 2x45 menit pertandingan, Bambang Pamungkas dkk kalah tipis 0-1.

Skuat Timnas Indonesia di SEA Games 2013

Tahun 2019 merupakan tahun ketujuh Indonesia di final Sepakbola SEA Games. Vietnam akan menjadi lawan Evan Dimas cs di Rizal memorial Stadium, Manila, Filipina, Selasa 10 Desember 2019. Semoga anak asuh Indra Sjafri bisa mempersembahkan emas dari cabang favorit ini.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments