youtube channel

Channels

Indonesia dan ASEAN Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2034

Indonesia dan ASEAN Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA 2034

“5th ASEAN Ministerial Meeting on Sports (AMMS-5)” dan juga “2nd ASEAN Plus Japan Ministerial Meeting on Sports” 9 Oktober 2019 di Manila (Foto: Istimewa)

antvklik.com - Para Menteri (dan atau yang mewakili) dari seluruh negara-negara anggota ASEAN yang membidangi olahraga pada tanggal 9 Oktober 2019 baru saja menyelesaikan “5th ASEAN Ministerial Meeting on Sports (AMMS-5)” dan juga “2nd ASEAN Plus Japan Ministerial Meeting on Sports” pada tanggal 9 Oktober 2019 di Manila, Filipina.

Dalam AMMS-5 yang dipimpin langsung oleh William Ramirez selaku Ketua Komisi Olahraga Filipina (Philippine Sports Commission / PSC) tersebut dihadiri oleh sejumlah Menteri dan Pejabat negara-negara ASEAN yang membidangi olahraga. Untuk Indonesia diwakili oleh Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Selain dari para pejabat tinggi yang mewakili 10 negara anggota ASEAN dan perwakilan Sekretariat ASEAN, hadir pula UNESCO, FIFA dan UN Commision on Woman serta juga Hirokazu Kumekawa (Director, International Affairs Division, Japan Sports Agency).

Beberapa hal penting yang telah disepakati dalam “5th ASEAN Ministerial Meeting on Sports (AMMS-5)”, (9/10/2019). Selain mencatat persiapan Filipina menjadi tuan rumah SEA Games 2019 dan progress persiapan Olimpiade dan Paralimpik 2020 di Tokyo juga penegasan kembali Thailand terkait salah satu hasil Chairman’s Statement of the 34th ASEAN Summit on ASEAN’s joint bid to host the FIFA World Cup in 2034, telah disepakati untuk mendukung sepenuhnya rencana pencalonan ASEAN tersebut.

Secara teknis akan dibentuk Technical Group yang dipimpin oleh Thailand dan juga meminta Malaysia untuk berkoordinasi dengan ASEAN Football Federation (AFF) dan Asian Football Confederation (AFC) yang kebetulan berlokasi pusatnya di Kuala Lumpur tentang rencana bidding untuk 2034 FIFA World Cup.

Lalu menyadari tentang kebutuhan atas komitmen dan investasi yang tinggi dari seluruh pihak yang terlibat dan untuk memperkuat posisi dan kemampuan ASEAN untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA, telah disepakati untuk saling bertukar pandangan mengenai langkah-langkah yang perlu diambil dari pertemuan SOMS dan mendorong adanya draft rencana yang difasilitasi pembahasannya oleh Sekretariat ASEAN dan ASEAN Football Federation, menyusun langkah sinergitas untuk mempersiapkan penyampaian rencana bidding bersama bagi Piala Dunia FIFA tahun 2034, dan juga menjamin bahwa perkembangan sepakbola berpengaruh bagi perkembangan masyarakat.

Dan disepakati pula untuk sepenuhnya mendukung Indonesia untuk dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021.

Rencana matang untuk menjadikan ASEAN tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 akan dibicarakan lagi di penyelenggaraan AMMS dan 3rd AMMS + Japan berikutnya di Singapura tahun 2021 mendatang.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments