youtube channel

Channels

AFF Tunda 4 Turnamen, Bima Sakti Sesuaikan Program Timnas U16

AFF Tunda 4 Turnamen, Bima Sakti Sesuaikan Program Timnas U16

Pelatih Timnas U16 Bima Sakti menyesuaikan program latihan para pemainnya setelah adanya perubahan dari AFF soal jadual Piala AFF U16. (Foto : PSSI)

AFF tunda 4 turnamen, Bima Sakti sesuaikan program pemusatan latihan Timnas U16. Empat turnamen yang ditunda yakni Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-18 Putri, dan Piala AFF Wanita.

antvklik.com - Padahal tiga turnamen yakni Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-18 Putri direncanakan digelar di Indonesia pada periode Juli hingga Agustus. Sementara, Piala AFF Wanita akan dilaksanakan bulan Mei di Filipina.

Sebagai langkah antisipasi dari adanya pengunduran jadwal dari otoritas sepak bola Asia Tenggara (AFF-ASEAN Football Federation) tersebut pelatih Timnas U16 Bima Sakti juga melakuan penyesuaian program latihan untuk Marcel Januar dan kawan kawan.

Menurut Pelatih kepala timnas U16, Bima Sakti Tukiman perubahan program latihan yang dilakukan karena factor penundaan turnamen sepakbola antar Bangsa-bangsa Asia Tenggara kelompok usia dibawah 16 tahun. Dan factor kedua adalah adanya penyebaran virus Corona yang melanda ke seluruh dunia.

“Setelah mengetahui adanya keputusan dari AFF, serta saat membaca beritanya, saya pastinya langsung dan akan melakukan langkah strategis, dengan sedikit merubah program ke depannya. Terutama untuk timeline atau lini masanya, tentunya disesuaikan dengan jadwal turnamen nantinya,” kata Bima Sakti, Senin (30/3).

Dengan adanya keputusan dari PSSI dan Pemerintah Indonesia agar mengurangi kegiatan di luar rumah. Maka Bima Sakti sudah memulangkan para pemain Timnas U16 lebih cepat dari jadual sebelumnya.

Selain itu Bima Sakti dan jajaran pelatih juga meminta para pemain Timnas Indonesia U16 melakukan latihan di rumah masing masing. Bima Sakti membekali para pemain dengan program latihan yang harus dijalankan dan dilaorkan setiap hari kepada para pelatih melalui WA atau Video Call.

“Seperti yang sudah saya katakan kepada para pemain, usai menuntaskan pemusatan latihan di Bekasi, saat ini saya sudah memberikan pekerjaan rumah kepada para pemain, untuk tetap latihan di rumah masing-masing,” ujar Bima Sakti.

Timnas U16 PSSI Pelatih Bima Sakti Para pemain Timnas U16 menjalani program latihan di rumah masing masing yang diberikan oleh pelatih Bima Sakti sebagai penyesuaian program latihan setelah adanya perubahan dari AFF soal jadual Piala AFF U16. (Foto : PSSI)

Sesuai jadul sebelumnya, program pemusatan latihan Timnas U16 mulai awal tahun 2020 ditingkatkan secara intensif sebulan sekali. Untuk tahun ini, Timnas U16 sudah menjalani tiga kali pemusatan latihan, yang dimulai sejak bulan Januari yaitu di Sidoarjo, Februari di Yogyakarta, dan Maret di Bekasi.

“Pemusatan latihan kami, kalau mengikuti program sebelumnya, selalu dilakukan tiap bulan. Oleh karena situasi saat ini, sampai ada keputusan lebih lanjut, setiap hari anak-anak kami haruskan untuk mengirim video latihan mereka di rumah. Jadi sejauh ini masih program yang lama, sambil saya dan staf pelatih mengatur kembali programnya,” ujar Bima.

Bima mengakui rencana selanjutnya terkait pelatnas Timnas U16 belum diputuskan karena PSSI dan jajarannya sedang menghentikan aktifitas sehari hari. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta para pengurus untuk bekerja dari rumah masing masing dalam menjalankan roda kegiatan PSSI. Semua dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus Corona yang kini sudah menjadi Pandemi.

“Sejauh ini belum ada rapat lanjutan lagi dengan federasi (PSSI), dimana semua orang sekarang diminta dan dihimbau untuk bekerja dari rumah masing-masing, begitu juga dengan para pemain saya,” tutur Bima Sakti.

Sebelumnya, Federasi Sepak bola Asia Tenggara (AFF) secara resmi menunda dan akan menjadwal ulang beberapa turnamen yang akan digelar di tahun 2020. Hal ini karena meluasnya pandemi virus Corona (Covid19) yang terjadi di berbegai negara terutama di Negara kawasan ASEAN.

Empat turnamen yang ditunda oleh AFF yaitu Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-18 Putri, dan Piala AFF Wanita. Tiga turnnamen yaitu Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-18 Putri direncanakan akan diselenggarakan di Indonesia pada periode Juli hingga Agustus. Sementara, Piala AFF Wanita akan dilaksanakan bulan Mei di Filipina.

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan penundaan kompetisi ini belum pernah terjadi sebelumnya. Melihat kondisi yang belum normal, AFF akhirnya memutuskan untuk menunda beberapa turnamen dengan tujuan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak.

“Saya sangat menghormati keputusan AFF. Mungkin ini sudah keputusan terbaik. Karena kesehatan pemain dan semua yang terlibat dalam sepak bola beserta masyarakat lebih penting dari segalanya,” ucap Bima Sakti.


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments