youtube channel

Channels

Kampung Mataram, Wisata Edukasi dan Kuliner Jawa Tempo Dulu

Kampung Mataram, Wisata Edukasi dan Kuliner Jawa Tempo Dulu

Kampung Mataram, Wisata Edukasi dan Kuliner Jawa Tempo Dulu

antvklik.com - - Kampung Mataram bukan seperti kampung - kampung pada umumnya. Kampung Mataram adalah sebuah kawasan wisata edukasi dan wisata kuliner khas pedesaan, yang ada di desa Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Di tempat ini pengunjung bisa merasakan dan menikmati sensasi aneka kegiatan bernuansa tradisional jawa, hingga menikmati menu masakan jawa tempo dulu, seperti jangan lodeh, oseng - oseng tempe, sayur asem - asem, dan masih banyak menu masakan tradisional jawa lainnya.

Kampung Mataram yang dibangun oleh pemerintah desa Panggungharjo Sewon Bantul, diatas lahan seluas 4 hektar dengan konsep bangunan yang bernuansa tradisional jawa. Ketika masuk kampung Mataram, pengunjung disambut dengan dua orang penjaga yang mengenakan pakaian prajurit Mataram, sedangkan di dalamnya banyak terdapat aktifitas pedagang yang mengenakan pakaian tempo dulu dan berjualan makanan camilan tradisional, diantaranya jagung rebus, pisang rebus, kacang rebus, singkong rebus dan makanan khas jawa lainnya. Selain menikmati camilan khas jawa, pengunjung bisa mencoba membuat kopi di kampung Mataram.

Pengunjung pun bisa menikmati aneka makanan tradisional, sambil duduk di depan bangunan limasan ataupun di pinggir sawah nan sejuk dan segar. Pernak pernik bangunan menggunakan alat - alat dapur, alat pertanian dan permainan anak tempo dulu seperti kitiran, egrang serta bisa membatik dan mengenal alat tenun.

Selain wisata edukasi, pengunjung bisa menikmati kuliner tradisional, yang dimasak dengan tungku dan kayu oleh ibu - ibu yang mengenakan pakaian tempo dulu. Semua menu masakan tradisional jawa disajikan dengan alat - alat dapur tempo dulu, pengunjung bisa mengambil sendiri sesuai selera.

Di kampung Mataram, pengunjung juga bisa belajar dan mengenal bangunan jawa, seperti limasan kemudian aneka kerajinan dengan alat - alat tradisional, permainan anak tradisional hingga masakan tradisional. Bagi anak - anak tentu sebagian besar merupakan barang baru yang belum pernah mereka jumpai, sedangkan bagi para orang tua kembali mengenang masa kecil. Nah jika anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke kampung Mataram, menikmati wisata edukiasi dan wisata kuliner tempo dulu, yang berada di desa Panggungharjo Sewon Bantul, hanya sekitar 5 kilometer dari Selatan kota Yogyakarta. Laporan Santosa Suparman Bantul Yogyakarta.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments