youtube channel

Channels

Waspada Dampak Gerhana Bulan

Waspada Dampak Gerhana Bulan

Waspada Dampak Gerhana Bulan

antvklik.com - - Peristiwa gerhana bulan total akan berdampak terjadi gelombang pasang 1—1,4 meter di sejumlah titik pesisir pantai di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Dari laman resmi BMKG, mengingatkan soal dampak supermoon yang terjadi pada awal tahun dan di akhir Januari 2018. Masyarakat di sekitar pesisir pantai diimbau tetap waspada dan siaga terhadap peningkatan pasang air laut maksimum, yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir ROB (genangan air laut di daratan). Kondisi tersebut diprediksikan terjadi antara 01 - 04 Januari 2018 dan 29 Januari - 2 Februari 2018.

Dampak Terasa Di Pelabuhan Muara Penjaringan, Jak-Ut ( sumber: Novi Zakaria)

Dari pantauan tim antvklik.com di Jakarta, kawasan pelabuhan perikanan samudera Nizam Zachman, Muara Baru Penjaringan, Jakarta Utara mulai dilanda banjir rob, dengan ketinggian air 20 cm hingga 30 cm.

Sejumlah aktifitas pelabuhan pun cukup terganggu. Luapan air juga mulai menggenangi pemukiman dan sejumlah warung. Salah satu pedagang, Gunawan terlihat berupaya menghalau air laut dengan peralatan seadanya.

Gerhana bulan total pada hari Rabu(31/1/2018) menjadi fenomena langka karena bersamaan dengan momen supermoon. Pada momen ini, bulan akan lebih besar 14% dan lebih terang sekitar 30% dari ukuran saat purnama biasa, sehingga bulan tampak berwarna merah tembaga.

Laporan Novi Zakaria dari Jakarta Utara


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments