youtube channel

Channels

Waduk dan Sawah Mengering Warga Madiun Panen Ikan

Waduk dan Sawah Mengering Warga Madiun Panen Ikan

Waduk dan Sawah Mengering Warga Madiun Panen Ikan (Foto: ANTV/M. Ridwan)

antvklik.com - Musim kemarau masih terjadi di Madiun, Jawa Timur. Akibatnya sejumlah waduk mengering dan tidak dapat mengairi lahan pertanian di wilayah tersebut.

Sementara menyusutnya air waduk tersebut dimanfaatkan warga untuk mencari ikan dan hasilnya dijual untuk kebutuhan sehari-hari.

Seperti di waduk Dawuhan, yang ada di Desa Plumpungrejo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. Sejak beberapa bulan terakhir, debit air di waduk yang mampu mengairi lahan pertanian seluas 2.823 hektar terus menyusut. Bahkan saat ini, air sudah tidak mampu keluar dari dalam waduk.

Wargapun, memanfaatkan sisa air untuk mencari ikan. Hasilnya, cukup lumayan sekali mencari, warga pun bisa mendapatkan ikan seberat 25 kilogram lebih.

“Hasilnya, mereka jual untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, ketika sawah mereka tidak berproduksi,” ujar Kusniyanto, salah seorang warga.

Sementara akibat keringnya waduk ini, membuat ribuan hektar lahan pertanian di dua kecamatan, yakni Kecamatan Balerejo, dan Wonoasri, kering kerontang, sehingga banyak tanaman padi yang baru mereka tanam, mati.

Mochammad Ridwan | Madiun, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments