youtube channel

Channels

Video Viral BJ Habibie Berpelukan dengan Xanana Gusmao Beredar di Media Sosial

Video Viral BJ Habibie Berpelukan dengan Xanana Gusmao Beredar di Media Sosial

Video Viral BJ Habibie Berpelukan dengan Xanana Gusmao Beredar di Media Sosial (Foto: Kolase)

antvklik.com - Bapak Teknologi Indonesia sekaligus Presiden ke-3 RI BJ Habibie berpulang pada usia ke-83 tahun, Rabu 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto, dan jenzahnya sudah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Sebelum meninggal, suami dari Hasri Ainun Besari tersebut, sempat dirawat secara intensif sejak 1 September 2019. Karena kondisi kesehatannya, mantan Menristek era Presiden Soeharto ini juga sempat beberapa kali dirawat di Rumah Sakit.

Kini, kepergiannya meninggalkan duka mendalam baik bagi keluarga, tokoh publik, dan seluruh masyarakat Indonesia. Ucapan duka cita dikirim warganet lewat media sosial, doa pun mengalir untuk pria yang ahli dalam bidang konstruksi pesawat terbang itu.

Berbagai unggahan mengharukan di-posting warganet di Twitter dan media sosial lainnya. Namun yang terbaru, adalah viralnya sebuah video yang menampilkan hangatnya persahabatan antara BJ Habibie dengan mantan Perdana Menteri Timor Leste sekaligus mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao.

Menurut Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center, Dewi Fortuna Anwar, peristiwa itu terjadi di kamar perawatan Habibie di RSPAD Gatot Soebroto pada akhir Juli 2019 lalu.

"(Peristiwanya tanggal) 22 Juli 2019, pukul 10.00-11.00," kata Dewi, Kamis (12/9/2019) sore.

Dalam video itu Xanana yang mengenakan kemeja batik tampak berada di samping tempat tidur tempat Habibie berbaring., dan terlihat Xanana sedikit membungkukkan badannya sehingga kepala Xanana dan Habibie hampir sejajar.

Keduanya bertatapan ketika Xanana Gusmao mengucapkan beberapa kata sambil menepuk-nepuk bagian dada Habibie yang tertutup selimut.
Setelah itu, Xanana mengecup dahi Habibie yang dibalas dengan pelukan Habibie, dan tampak tangan Habibie merangkul leher Xanana yang membuat kepala Xanana jatuh ke atas dada Habibie.

Dalam video yang berdurasi 16 detik itu, terlihat juga Habibie kemudian mengelus tengkuk kepala Xanana, sehingga terlihat sangat mengharukan.
Ditambahkan Dewi Fortuna, peristiwa itu disaksikan oleh beberapa orang, antara lain Duta Besar Timor Leste Alberto Xavier Parreira Carlos serta beberapa kerabat Habibie lainnya.

Dalam akun Facebook-nya, Alberto juga mengunggah momen haru tersebut pada Kamis pagi tadi.

"OUR DEEPEST CONDOLENCES. We will always remember you, BAPAK," tulis Alberto dalam unggahannya.

Sementara itu, di akun twitter milik #katolik garis lucu, juga membagikan video momen mengharukan itu.

Xanana memang mempunyai hubungan yang cukup spesial dengan Habibie, dan Xanana yang sempat menjadi tahanan politik pada masa pemerintahan Soeharto, bisa bebas pada masa kepresidenan Habibie yang menggantikan Soeharto selepas berakhirnya Orde Baru.

Di samping itu, Habibie juga punya peran dalam kemerdekaan Timor Leste, dimana pada 1999, digelar referendum di provinsi Timor Timur yang menghasilkan warga Timor Timur ingin merdeka memisahkan diri dari Indonesia, saat itu, Habibie Presiden Indonesia.

Kini, Jenazah BJ Habibie telah dikebumikan di samping makam istrinya, Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Dari Berbagai Sumber


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments