youtube channel

Channels

Truk Swakemudi Resmi Mengaspal di Swedia. Tampangnya Mirip Karakter Star Wars

Truk Swakemudi Resmi Mengaspal di Swedia. Tampangnya Mirip Karakter Star Wars

Truk Swakemudi bertampang karakter Film Star Wars

Era kendaraan tanpa pengemudi di jalanan sudah dimulai. Di Swedia, sudah beroperasi truk swakemudi bertenaga listrik pertama di dunia. Uniknya, truk ini memiliki tampang mirip karakter Star Wars.

antvklik.com - - Truk swakemudi Einride T-Pod resmi mengaspal di jalanan Swedia, Rabu (15/5/2019). Dengan menggunakan tenaga listrik, truk yang memiliki bobot penuh 26 ton ini tidak memiliki kabin pengemudi sama sekali. Gantinya, kepala truk dibuat mirip Stormtrooper, salah satu karakter dalam film Star Wars.

Truk yang dibuat perusahaan rintisan Einride diklaim mampu mengurangi biaya operasional hingga 60 persen dibanding truk biasa. Pengoperasian truk swakemudi di jalanan umum merupakan yang pertama di dunia.

CEO Einride, Robert Falck berencana mengajukan ijin perluasan rute truk di jalanan Swedia. Ia juga ingin memperluas operasional truk hingga ke Amerika Serikat. Direncanakan, pada 2020 mendatang sudah ada 200 truk swakemudi yang beroperasi di jalanan umum.

Saat ini Einride sudah bekerjasama dengan beberapa distributor truk guna membantu peningkatan produksi dan pengiriman truk ke konsumen. Bahkan juga tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama dengan produsen-produsen truk dunia.

Sejumlah raksasa otomotif dunia memang sedang menjalin kerjasama untuk mengembangkan kendaraan swakemudi. Seperti Ford, perusahaan otomotif asal Amerika serikat telah berkomitmen untuk investasi di perusahaan rintisan Rivian, yang juga mengembangkan truk listrik swakemudi.

Pengembangan truk swakemudi memang menjadi solusi bagi perusahan-perusahaan jasa logistik. Apalagi selama ini perusahaan-perusahaan itu ditekan untuk mengurangi frekuensi perjalanan truk agar polusi kendaraan berkurang. Sementara di sisi lain, jumlah pengemudi truk di Swedia juga terus menurun dari tahun ke tahun.

Ini videonya:

Sumber: Reuters


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments