youtube channel

Channels

Tol Layang Jakarta Cikampek Beroperasi Akhir November 2019

Tol Layang Jakarta Cikampek Beroperasi Akhir November 2019

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) memastikan, jalan tol layang Jakarta Cikampek (Japek) II akan beroperasi akhir November 2019. Tol ini akan memperlancar arus mudik Natal dan Tahun Baru 2020.

antvklik.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perkembangan konstruksi tol Japek II sepanjang 36,4 km sudah mencapai 96,5 persen. Karena itu ia memastikan, jalan tol akan beroperasi pada akhir November 2019.

"Ini merupakan pekerjaan besar. Ada sekitar 9.000 tiang pancang yang dibuat dalam pembangunan tol ini. Tol layang Japek II juga akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, karena semuanya elevated," kata Basuki.

Menurut Basuki, sebelum beroperasi, jalan tol ini akan menjalani uji beban pada 23 Septermber 2019. Uji beban dengan menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton yang terdiri dari uji statis dan dinamis.

Disebutkan, keberadaan jalan tol ini akan menunjang kelancaran mobilitas angkutan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke kawasan industri di Cikarang, Karawang dan Cibitung.

Tol layang Japek II berada di sebagian ruas Tol Jakarta Cikampek, membentang di ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Menurut, Basuki, para kontraktor yakni PT Waskita Karya, PT ACSET, PT Bukaka serta konsultan tol layang Japek II dapat menyelesaikan konstruksi tepat waktu.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments