youtube channel

Channels

Tinjau Kebakaran Lahan di Palangkaraya, Wiranto: Tangkap Pelaku, Jelas Penjahat!

Tinjau Kebakaran Lahan di Palangkaraya, Wiranto: Tangkap Pelaku, Jelas Penjahat!

Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, tengah mendapat penjelasan dari Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Saiful Rizal. (Foto: ANTV/Agung Supriyanto).

Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri dan Menteri Lingkungan Hidup tinjau lokasi kebakaran lahan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

- Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar tiba Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (23/8/2019).

antvklik.com - Mereka langsung menggelar rapat teknis seputar penanganan kebakaran hutan dan lahan di VIP Room Bandara Tjilik Riwut. Seusai rapat, mereka langsung menuju lokasi kebakaran lahan di Jalan Soekarno, Palangkaraya.

Sesampainya di lokasi, Menko Polhukam Wiranto mengatakan, kebakaran lahan yang terjadi bukan disebabkan musibah dan faktor alam, terkait dengan kekeringan musim kemarau.

Tetapi, kebakaran ini disebabkan faktor kesengajaan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab, membuat malapetaka kebakaran lahan dan kabut asap.

“Yang terbakar ini sekitar Kota Palangkaraya, di pinggir jalan, di dekat pemukiman, ladangnya tidak terlalu lebat, tidak kering, tapi ternyata terbakar. Apa artinya, bukan karena alam. Apa artinya, dibakar oleh manusia. Kalau para petani ladang berpindah, sudah sadar, berarti yang bakar bukan petani. Kita cari! Kita tangkap! Kita hukum, karena itu jelas penjahat!,” tegas Wiranto.

Melihat lokasi kebakaran lahan, Wiranto menganggap kurangnya kewaspadaan dan pengawasan pihak terkait. Ini karena kebanyakan lahan yang terbakar berada di Palangkaraya dan di pinggir jalan utama, dekat dengan fasilitas pemerintah dan juga permukiman warga.

Tinjau Kebakaran Lahan di Palangkaraya, Wiranto: Tangkap Pelaku, Jelas Penjahat! Tim Manggala memperagakan alat baru pembasah lahan gambut. (ANTV/Agung Supriyanto).

Alat Terbaru Pemadaman

Dalam kesempatan ini, Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar menyaksikan alat terbaru untuk melakukan pembasahan lahan gambut yang diperagakan oleh Tim Manggala.

Kunjungan empat orang penting di pemerintahan pusat tersebut, didampingi oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Saiful Rizal, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Ilham Salahudin dan sejumlah pejabat lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Agung Supriyanto | Palangkaraya | Kalimantan Tengah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments