youtube channel

Channels

Tim BASARNAS Baru Berhasil Masuk ke Dalam KM Gerbang Samudra

Tim BASARNAS Baru Berhasil Masuk ke Dalam KM Gerbang Samudra

Hari ke Lima, Tim BASARNAS baru bisa masuk ke dalam KM Gerbang Samudra

antvklik.com - www.newsplus.antvklik.com - Hari ke 5 Tim National Search And Rescue Agency Republic of Indonesia (BASARNAS) baru berhasil masuk ke dalam Kapal Motor Gerbang Samudera I yang terbakar di Teluk Karang Jamuang, Surabaya. Tim evakuasi dan pencarian BASARNAS Kota Surabaya mulai berhasil masuk ke dalam objek Kapal Motor Gerbang Samudera 1 yang terbakar. Di dalam lokasi kapal, Tim Basarnas melakukan penyisiran dan berupaya terus mencari ketiga korban di atas kapal, mulai pukul 11 siang hingga pukul 17:00 petang.

km gerbang samudra 2Suasana di dalam KM Gerbang Samudra

Sesuai data denah kapal, letak posisi kamar nahkoda dan kamar dua kadet yang hilang belum bisa dilalui karena masih tertutup puing material kapal yang terbakar. Dari hasil penyisiran di lapangan, dugaan ketiga ABK berada diatas kapal belum bisa dipastikan.

km gerbang samudra 3Posisi kamar Nahkoda dan kadet KM Gerbang Samudra

Selama penyisiran petugas baru bisa masuk di lokasi deck satu dan dua kapal yang terbakar. Meski demikian Timsar tetap akan melakuakn pencarian sambil menunggu kapal yang terbakar benar-benar aman dan bisa melanjutkan proses pencarian diatas kapal pada Jumat siang (7/12).

Meski telah berhasil mencapai objek kapal yang terbakar, Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum bisa melakukan olah TKP di lokasi kapal yang terbakar, karena api baru bisa dikuasai di hari ke 5 proses pencarian.

“Salah satu sisi dari bangkai kapal sudah mulai dingin, setelah itu kita briefing untuk pencarian di atas bangkai kapal. Pada pk.11.30 KM SAR Widura bersama Tim Rescue menuju ke bangkai kapal KM Samudera 1, dan kami menurunkan tim, “ ujar Ketua Tim Kansar Widura,Muhammad Eko Priambodo.

Setelah api berhasil dikuasai, bangkai KM Gerbang Samudera I berhasil lego jangkar di perairan Karang Jamuang Gresik. Posisi kapal yang dalam kondisi dikandaskan tersebut dalam posisi aman, agar tidak menganggu alur pelayaran selama jalannya olah TKP yang akan dilakukan oleh tim KNKT.

Laporan Zainal Azhari dari Surabaya.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments