youtube channel

Channels

Terungkap Pembakar Gedung Animasi di Kyoto Jepang. Korban Tewas 33 Orang

Terungkap Pembakar Gedung Animasi di Kyoto Jepang. Korban Tewas 33 Orang

Gedung studio di Kyoto animasi saat terbakar (Courtesy NHK)

Jumlah korban tewas dalam kebakaran gedung studio animasi Kyoto Jepang terus meningkat menjadi 33 orang. Polisi sudah menemukan pelaku pembakaran. Motifnya?

antvklik.com - - Polisi Jepang tengah mengusut kasus pembakaran gedung studio animasi, Kyoto Animation di Kyoto Jepang. Diduga pelakunya seorang pria berusia 41 tahun. Namun polisi belum dapat memeriksanya lantaran pelaku masih dirawat intensif di rumah sakit akibat luka bakar di beberapa bagian tubuh.

Dugaan pria itu sebagai pelaku pembakaran setelah ada yang melihat perbuatannya. Seorang saksi mata menyebut, pelaku sempat meneriakkan kata “die” atau mati saat beraksi. Pria itu lalu menuangkan cairan yang diduga bensin ke lantai gedung dan menyulutnya dengan api pada Kamis (18/7/2019) pagi waktu setempat.

Juru bicara Kepolisian Prefektur Kyoto mengatakan, dalam ransel pria itu ditemukan sejumlah pisau. Hingga kini belum diketahui motif pembakaran gedung berlantai empat itu.

Selain 33 orang tewas, sebanyak 35 orang lainnya terluka dalam kejadian tersebut. Umumnya para korban mengalami luka bakar di beberapa bagian tubuh.

pembakaran Petugas bentangkan terpal untuk selamatkan penghuni gedung yang melompat (Courtesy NTV)

Pernah Terima Ancaman

Seperti dikutip CNN.com, CEO Kyoto Animation, Hideaki Yata mengaku, sebelum kejadian perusahaannya menerima sejumlah ancaman pembunuhan yang dikirim lewat surat. Dan surat ancaman itu sudah mereka laporkan ke polisi.

Kyoto Animation atau yang lebih dikenal dengan nama KyoAni adalah perusahaan terkemuka animasi di Jepang. Perusahaan yang didirikan sejak 1981 ini memproduksi berbagai animasi, komik dan novel.

pembakaran gedung Warga meletakkan bunga depan gedung studio animasi yang terbakar (Courtesy Reuters)

Pembakaran gedung studio animasi ini merupakan yang terbesar sejak kasus pembakaran gedung di Tokyo pada 2001. Saat itu korban tewas mencapai 44 orang. Sedangkan, jika mengacu dampaknya, jumlah korban pembakaran ini jauh lebih besar dari serangan gas sarin di kereta bawah tanah di Tokyo pada 1995 yang merenggut nyawa 13 orang.

Sumber: Reuters, CNN


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments