youtube channel

Channels

Teleskop Canggih Siap Pantau Hilal di Medan, Sumatera Utara

Teleskop Canggih Siap Pantau Hilal di Medan, Sumatera Utara

Teleskop Canggih Siap Pantau Hilal di Medan, Sumatera Utara

antvklik.com - www.antvklik.com - Untuk memastikan masuknya satu Ramadhan 1438 Hijriyah sidang isbath akan dilakukan Jumat petang (26/5). Sementara itu, di Medan, Sumatera Utara, pusat pemantauan yang membutuhkan alat canggih serta teleskop bulan sendiri rencananya dipusatkan di Obsevatorium Ilmu Falak di Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara (UMSU). Seperti tahun lalu, Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, juga telah menjadikan Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara menjadi tempat pengamatan dan sidang isbat untuk penentuan awal bulan Ramadhan.

Hilal 1

Berbagai teleskop canggih serta petugas pengoperasian alat ini telah disiapkan guna memantau hilal masuknya satu Ramadhan 1438 Hijriyah. Teleskop canggih berbasis digital Model Sky Water Mak 8 he q5 akan digunakan untuk memantau masuknya bulan suci Ramadhan tahun ini. Pengamatan dengan menggunakan teleskop ini dapat langsung terekam komputer dan hasilnya terdokumentasi sehingga menjadi bahan kajian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Selain memiliki sejumlah alat dengan teleskop canggih, UMSU ini juga dilengkapi dengan taman astronomi yang terdiri dari ruang instrument, perpustakaan, ruang planetarium serta berbagai simulasi astronomi. Teleskop canggih tersebut juga memiliki kelebihan mampu mengikuti pergerakan benda langit termasuk bulan. Dengan adanya lokasi pengamatan seperti yang dimiliki oleh Universitas Muhammmadiyah ini, masyarakat juga bisa belajar tentang ilmu astronomi, terutama bagi para pelajar yang tertarik dengan ilmu perbintangan.

hilal 3

Kepala Obsevatorium dan Ilmu Falak di Universitas Muhammadiyah, Dr. Arwin Juli Rahmadi Butar Butar, menuturkan untuk proses pemantauan hilal nantinya direncanakan akan dilakukan pada Jumat petang (26/5).

“Meski sudah lima hari sebelumnya pihak Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara telah mengikuti perkembangan hilal, nantinya kami juga akan menyiapkan William Optik dan Macsutof untuk akurasi maksimal dalam pantauan hilal, “ kata Kepala Observatorium dan Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah (UMSU). Arwin Juli Rahmadi yang Lulusan Institute Riset dan Penelitian Kairo Mesir ini juga menambahkan, pihaknya nanti akan menjadi pusat pantauan hilal di Sumatera Utara yang dihadiri Muspida dan Muspika Kota Medan, Sumatera Utara.

Laporan Bahana Situmorang dari Medan, Sumatera Utara.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments