youtube channel

Channels

Sumur Minyak Tua Peningggalan Belanda Semburkan Lumpur

Sumur Minyak Tua Peningggalan Belanda Semburkan Lumpur

Sumur minyak tua peninggalan Belanda semburkan lumpur (Foto: ANTV/ M. Habib)

Sebuah sumur minyak tua peninggalan Belanda di Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tiba tiba menyemburkan lumpur bercampur minyak. Semburan lumpur itu didahului ledakan yang mengejutkan warga sekitar.

antvklik.com - Semburan lumpur pekat bercampur minyak mentah yang diterjadi pada Kamis (19/9/2019) sekitar pukul 08.00 WIB. Semburan dari sumur tua itu sempat membuat pemilik lahan dan warga sekitar Jalan Raya Mayjen Sungkono, Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas Gresik panik, karena diawali dengan ledakan cukup keras.

sumur tua aemburkan lumpur 2 Warga panik, karena ada ledakan dan semburan lumpur dari sumur minyak tua (Foto: ANTV/ M. Habib)

Pemilik lahan Nanang Zamroni menuturkan, memang semburan lumpur bercampur minyak itu terjadi di lahan miliknya, yang dulunya terdapat sumur minyak tua peninggalan zaman Belanda. Nanang dan warga sekitar juga tidak menyangka jika keberadaan sumur minyak tua di lahan miliknya yang telah ada sejak berpuluh-puluh tahun silam kembali menyemburkan lumpur bercampur gas.

“Sekitar belasan tahun lalu sumur itu telah ditutup dengan beton baja serta besi tua, karena dikira sudah tak aktif lagi. Sumur minyak tua di belakang rumah orang tua saya ini 23 tahun lalu juga pernah meledak serta mengeluarkan gas serta lumpur bercampur minyak,“ ujar pemilik lahan, Nanang Zamroni.

Sementara itu, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, pihak kepolisian sektor Kebomas telah memasang police line disekitar lokasi semburan lumpur. Saat ini sumur tersebut tertutup oleh besi tua sehingga tak terlihat menyemburkan lumpur secara jelas, namun bau gas sangat terasa di sekitar lokasi.

Muhammad Habib | Gresik, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments