youtube channel

Channels

Situs Kuno Majapahit Ditemukan Berupa Batu Bata Purba Ukuran Jumbo

Situs Kuno Majapahit Ditemukan Berupa Batu Bata Purba Ukuran Jumbo

Situs Kuno Majapahit Ditemukan Berupa Batu Bata Purba Ukuran Jumbo

Situs kuno Majapahit ditemukan berupa batu bata purba ukuran jumbo. Lokasi situs diamankan dari warga yang selama ini tak sadar mengambil bata purba itu untuk bahan semen.

antvklik.com - - Situs kuno Majapahit ditemukan berupa batu bata purba ukuran jumbo. Temuan ini berawal dari laporan warga Pasuruan, Jawa Timur. Balai pelestarian cagar budaya atau BPCB Jawa Timur menduga, tumpukan batu bata yang tertata tersebut merupakan batu bata purba.

Bentuk batu bata besar dan panjang tidak sama dengan batu bata yang dikenal sekarang. Belum diketahui batu bata ini merupakan peninggalan zaman kerajaan Majapahit atau sebelumnya. Namun dugaan sementara berasal dari zaman Majapahit.

Struktur bangunan batu bata purba ini tertimbun tanah. Lokasinya berada di Dusun Sekar Krajaan, Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan survey awal setelah mendapat laporan dari warga tentang penemuan struktur batu bata purba .

Menurut pemilik lahan Mujib Ridwan, keberadaan batu bata ini sudah ada sejak dahulu, bahkan sekitar tahun delapan puluhan warga sekitar mengambil batu bata kuno ini untuk dijadikan semen. Warga belum mengetahui jika struktur batu bata ini merupakan peninggalan bersejarah.

BPCB Jatim belum bisa memastikan, apakah struktur batu bata ini peninggalan zaman kuno atau bukan. BPCB akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Batu bata purba temuan warga diamankan BCBP Jatim. (foto: Ari Suprayogi/ANTV)

Dugaan sementara yang dilansir BPCB, struktur batu bata ini adalah peninggalan zaman kuno.

Situs batu bata ini berada di lahan seluas 1,5 hektar yang berdekatan di permukiman warga.

BPCB akan menurunkan tim perlindungan dari Trowulan dan Mojokerto guna penelitian lebih lanjut.

| Ari Suprayogi | Jawa Timur |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments