youtube channel

Channels

Kapolri: Situasi di Manokwari Papua Barat Berangsur Kondusif

Kapolri: Situasi di Manokwari Papua Barat Berangsur Kondusif

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto: Viva.co.id)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan situasi di Manokwari Papua Barat berangsur kondusif. Menurut Tito, semua ini dipicu dari kesalahpahaman peristiwa yang terjadi di Surabaya dan Malang , Jawa Timur.

antvklik.com - - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyesalkan terjadi aksi massa di Manokwari Papua Barat hingga membuat gedung DPRD Manokwari terbakar, Senin (19/6/2019).

Menurut Tito, unjukrasa di Manokwari dan Jayapura memang dipicu dari peristiwa sebelunmnya yang terjadi di Surabaya dan Malang Jawa Timur.

"Selama ini masyarakat atau adik-adik kita di Papua sudah lama bersekolah di Jawa selama ini tidak masalah. Ini ditrigger kesalahpahaman," kata Tito

Menurutnya, ada kata-kata yang kurang nyaman didengar dari oknum kemudian para mahasiswa Papua terusik dengan bahasa itu. Hal ini inilah yang dimanfaatkan pihak tertentu untuk membuat hoaks hingga memicu memobilisasi massa,

"Kejadian di Surabaya dan Malang ini sebenarnya (masalah) kecil. Dan sudah diselesaikan muspida setempat. Kemudian muncul hoaks ada kata-kata kurang etis dari oknum tertentu," kata Tito.

Karena itu Tito meminta masyarakat Papua tidak terpancing isu-isu tidak benar. Ia juga memahami kondisi psikologis masyarakat Papua karena pernah bertugas di sana selama dua tahun. Tito juga mengimbau masyarakat di luar Papua untuk melakukan hal ini.

"Jadi untuk masyarakat di luar Papua, perlakukan saudara-saudara kita dari Papua adalah bagian dari Indonesia. Jadi komunikasi perlu dijalin. Masyarakat jangan terpancing. Jangan mau diadu domba dengan informasi tak benar," kata Tito.

Tito juga menegaskan, situasi keamanan di Manokwari berangsur kondusif. Menurutnya, kalau ada permintaan pasukan tambahan, akan dikirimi dari daerah terdekat. Namun semua itu akan kembali dikaji kebutuhannya.

Dikatakan Tito, Manokwari adalah kota relijius yang harus dijaga. "Jadi kita mengimbau saudara-saudara kita, tolong kita jaga kedamaian Manokwari sebagai kota relijius. Jaga cinta kasih di kota itu, " tambah Tito.

Komunikasi Berjalan Baik

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga memastikan komunikasi dengan mahasiswa Papua selama ini berjalan baik. Jadi apa pun yang dapat dikomunikasikan, dapat dikomunikasikan bersama.

Menurutnya, dalam dinamika masing-masing harus membangun satu komitmen bersama.

"Menjaga NKRI, Pancasila dan Merah Putih. Atas nama komitmen itulah marilah semuanya kita tempatkan semuanya setara dan menghormati satu sama lain," kata Khofifah.

Khofifah berharap semua mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur tetap terlindungi dan dapat meneruskan studinya dengan baik. Gubernur Papua, kata Khofifah, juga akan berkunjung ke Jawa Timur dalam waktu dekat.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments