youtube channel

Channels

Sinopsis Cakrawala Kriminal 9 April 2017: Anak OSIS Mendadak Bengis

Sinopsis Cakrawala Kriminal 9 April 2017: Anak OSIS Mendadak Bengis

Sinopsis Cakrawala Kriminal 9 April 2017: Anak OSIS Mendadak Bengis

antvklik.com - - Yogyakarta kota pelajar, Yogyakarta kota berhati nyaman. Julukan dan semboyan itu, tampaknya di bulan-bulan ini kurang pas lagi digembar-gemborkan. Musababnya, di Yogyakarta sedang marak lagi peristiwa yang bikin sesiapa orang waras bergidik ngeri: gerombolan pelajar SMA atau bahkan SMP bersepeda motor kelayapan di lewat tengah malam. Dan inilah yang bikin ngeri: ketika berpapasan dengan orang lain seumuran pelajar, gerombolan langsung saja main bacok. Crasssshhh… !!! Cakrawala Kriminal, Klitih : ketika anak OSIS mendadak bengis…

Tidak perlu ada alasan, untuk kelakuan sadistis itu pun tiada butuh ada riwayat perkenalan sebelumnya dengan sang korban. Akibatnya, si korban minimal berdarah-darah membawa luka-luka di badan. Lebih gawat lagi : si korban terbang nyawanya. Mati.

Fenomena itulah yang terjadi di Yogyakarta lantas disebut Klitih. Asal muasal arti kata Klitih adalah keluyuran tak karuan juntrungannya. Namun Klitih yang dilakukan para pelajar macam itu sudah merupakan anarkisme yang kelewatan.

Polisi dari jajaran Polda DIY sudah menangkap-nangkapi puluhan remaja tanggung pelaku Klitih. Di pekan pertama April 2017 ada 6 terdakwa pelaku klitih disorongkan ke meja hijau. Klitih tak lagi merupakan kenakalan remaja biasa. Klitih adalah tindak kriminal.

Lepas dari persoalan hukumnya, para pihak di kota budaya dan pendidikan tersebut getol mengkaji akar persoalan fenomena Klitih. Temuannya cukup mengejutkan: kebanyakan pelaku klitih datang dari keluarga yang berantakan, produk keluarga broken home. Lantas, perilaku sadistis para pelajar berandalan itu dibentuk oleh pergaulan sesama. Disitu, ada juga faktor senior yang ikut mencekokkan doktrin kekerasan kepada para junior sebagai syarat mereka bisa diterima dalam lingkaran pertemanan.

Gawai canggih yang dipunya, juga menyumbang pada meliarnya (baca : barbar) kelakukan. Lewat gawai, segala video kekerasan yang riuh lalu-lalang, seperti menginspirasi ABG yang sejatinya tengah dalam masa berlebih energi dan pencarian jati diri. Orang tua yang memodali sepeda motor untuk anaknya yang belum cukup umur mengantungi SIM, juga dituding.

Nyata-nyatanya, Klitih di Jogja merusak tatanan sosial. Sulit menalar ketika para anak OSIS itu bisa begitu berkelakuan keji. Menjadi kabar baik kemudian, ketika para pihak polisi, pemerintah daerah, sekolah, pengurus lingkungan, bahu-membahu untuk kembali meluruskan yang salah.

Ketika pelajar di Jogja dirasuki perilaku barbar. Tak perlu ada alasan atau pernah saling kenal, kelebat parang yang bicara saat berpapasan.

STOP KLITIH..!!!

Saksikan...

ANAK OSIS MENDADAK BENGIS

CAKRAWALA KRIMINAL, Minggu dini hari 9 April 2017 jam 03.00 WIB.


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments