youtube channel

Channels

Seru, Marinir Indonesia dan Amerika Lomba Permainan Tradisional

Seru, Marinir Indonesia dan Amerika Lomba Permainan Tradisional

Seru, Marinir Indonesia dan Amerika Lomba Permainan Tradisional (Foto: ANTV/Happy Oktavia)

Prajurit Marinir Indonesia dan Amerika Serikat (USMC) yang tergabung dalam latihan bersama platoon exchange (platex) 2019 turut memeriahkan HUT kemerdekaan.

newsplus.antvklik.com- Bertempat di hutan Selogiri, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, prajurit Marinir dari dua negara ini ikut lomba balap bakiak, balap karung, hingga memanjat pohon pinang.

antvklik.com - Inilah keseruan prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat ( USMC) dalam memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia Sabtu (17/8/2019).

Di sela-sela latihan bersama platoon exchange (platex) 2019, ratusan prajurit dua negara ini ikut merayakan hari kemerdekaan RI.

Ajang yang ini digelar di hutan Selogiri, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, ini berlangsung sangat seru.

Berbagai perlombaan tradisional yang disiapkan dan disaksikan langsung oleh Komandan Satgas Latma platex 2019, Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif-3 Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung, Kapten USMC Alfredo dan Letnan Satu USMC Clark.

Perlombaan yang dipertandingkan diantaranya balap bakiak, balap karung, memindahkan tepung estafet, memindahkan belut, memasukkan pensil ke dalam botol secara tim dan panjat pinang.

Tentu saja kerja sama dan kekompakan tim sangat diperlukan agar bisa menyelesaikan setiap lomba dengan waktu tercepat. Tidak heran, tim gabungan harus bisa mengatur strategi agar tidak bisa dikalahkan oleh tim lawan.

Keseruan lain terjadi saat lomba balap bakiak dan belut. Bahkan peserta Marinir Amerika Serikat ada yang sampai jatuh bangun dan kewalahan saat memegang belut. Hal ini menjadikan suasana sangat gembira serta penuh canda tawa.

Puncaknya adalah lomba panjat pinang berhadiah kerupuk, lomba minum minuman bersoda hingga makanan ringan. Meski sudah berusaha dengan berbagai strategi, ternyata tidak ada satu pun tim yang bisa memanjat hingga mencapai puncak.

Lantaran tidak ada satu pun peserta yang berhasil mencapai puncak batang pinang, akhirnya batang pinang yang dilumuri minyak dan sabun deterjen itu ditebang dan para prajurit dari kedua negara pun berebut hadiah yang ada di puncak pohon pinang.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo menyatakan kalau kegiatan ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya asli Indonesia kepada Marinir Amerika serta menciptakan wahana dalam mempererat persahabatan antar Marinir di kedua negara,” tutur Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo

Sementara itu, Kapten USMC Alfredo mengaku senang dalam perayaan HUT kemerdekaan RI ke-74, apalai lomba panjat pinang yang diikutinya menambah pengalaman baru untuk anggota marinir Amerika.

Dirgahayu Republik Indonesia ke -74 !

Happy Oktavia | Banyuwangi-Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments