youtube channel

Channels

Seribu Lebih Penerbangan di Bandara Adisutjipto Dibatalkan Pada Januari 2019

Seribu Lebih Penerbangan di Bandara Adisutjipto Dibatalkan Pada Januari 2019

Suasana penumpang mengambil barang di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

Seribu lebih penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta dibatalkan sepanjang Januari 2019.

antvklik.com - - Bandara Adisutjipto Yogyakarta mulai merasakan dampak bagasi berbayar yang diterapkan oleh sejumlah maskapai penerbangan.

Menurut General Manager PT. Angkasapura 1 Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama, selama Januari 2019, terjadi pembatalan oleh calon penumpang sebanyak 1.046 penerbangan.

“Berdasarkan data kami bahwa di bulan Januari 2019, sejak tanggal 1 hingga akhir Januari, kami mengalami penurunan penumpang yang cukup signifikan 13% lebih,” katanya.

Agus berpendapat penurunan tersebut bukan dikarenakan telah dibukanya sejumlah ruas tol trans Jawa, namun oleh sejumlah penyebab, diantaranya faktor cuaca, low season dan kebijakan bagasi berbayar.

“Kalau kami optimis, ini karena low season saja ya di bulan Januari 2019. Memang ada 1-2 penyebab bukan utama, mungkin karena kebijakan bagasi berbayar dan faktor cuaca sering ditutupnya Runway karena jarak pandang pilot dibawah 1 kilometer,” ujarnya.

Meski demikian, Agus menambahkan, bagasi berbayar bukanlah faktor dominan penurunan dan pembatalan penerbangan oleh calon penumpang.

“Ada juga maskapai yang tidak berbayar garasinya atau digratiskan, tetap juga banyak yang cancel, bahkan mungkin lebih banyak cancel-nya. Saya kira ini fenomena yang perlu kita sikapi bersama,” katanya.

Pihak bandara Adisutjipto berharap selama bulan-bulan ke depan, jumlah penumpang akan naik dan kembali dalam kondisi normal.

| Andri Prasetyo | Sleman |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments