youtube channel

Channels

Sepak Bola Api, Simbol Kegembiraan Santri Sambut Ramadhan

Sepak Bola Api, Simbol Kegembiraan Santri Sambut Ramadhan

Para santri bermain sepak bola api (Foto: Erfan)

Gembira sambut Ramadhan, ratusan santri di Babakan Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat menggelar tradisi berbagai permainan api. Salah satu yang menarik adalah sepak bola api.

antvklik.com - - Kemeriahan menyambut bulan puasa ini dilakukan oleh ratusan santri di Kompleks Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Para santri ini menggelar atraksi berbagai permainan api di hadapan ratusan santri dan warga sekitar.

Mereka memainkan atraksi api ini cukup menarik dan membuat decak kagum warga yang menyaksikan.

Salah satu yang menarik adalah pertandingan bola api yang dibagi menjadi dua tim, menggunakan batok kelapa yang dibakar sebagai bola.

Masing-masing pemain menunjukan kemampuannya dalam bermain bola, sekaligus meneguhkan keyakinan, bahwa panasnya api dapat dikalahkan.

Konon awal mula tradisi sepak bola sebelumnya dilakukan dengan batu oleh para santri pada jaman penjajahan untuk menakut-nakuti para penjajah.

Kemudian sepak bola ini digantikan dengan bola api, dan kemudian dilakukan setiap menyambut menjelang bulan Ramadhan.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan pra santri, dalam menyambut bulan Ramadhan. Main bola api ini pada mulanya para Kiyai menggunakan batu. Bisa dibayangkan bagaimana menendang batu yang dijadikan bola. Itu dilakukan pada masa penjajahan dulu, untuk menakut-nakuti para penjajah. Kemudian kini sudah diganti dengan batok kelapa yang dibakar api, karena zamannya sudah berbeda dan kebutuhannnya juga berbeda, “ ujar Baykuni, Pembina santri Babakan Ciwaringin, Cirebon.

Tradisi ini biasanya ditunggu-tunggu para santri dan menjadi salah satu daya tarik di Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin dan selalu menyedot perhatian ribuan santri dan warga sekitar.

Dalam gelaran ini para santri juga menggelar berbagai atraksi menarik dengan menggunakan api.

| Erfan Septyawan | Cirebon | Jawa Barat |


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments