youtube channel

Channels

Seekor Penyu Langka Ditemukan Mati di Pantai Cacalan Banyuwangi

Seekor Penyu Langka Ditemukan Mati di Pantai Cacalan Banyuwangi

Seekor Penyu Langka Ditemukan Mati di Pantai Cacalan Banyuwangi (Foto: ANTV/Happy Oktavia)

Seekor penyu jenis sisik ditemukan warga dalam kondisi mati di pantai Cacalan, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

antvklik.com - Setelah mendapatkan pemeriksaan dari petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) seksi 5 Jawa Timur, bangkai penyu itu langsung dikubur oleh warga setempat. Diduga penyebab kematian hewan langka yang dilindungi itu akibat terjerat jaring nelayan.

Seeokor penyu jenis sisik yang ditemukan dalam kondisi mati di pantai Cacalan, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur merupakan hewan langka yang juga dilindungi.

Hewan yang dikenal dengan nama latin eretmochelys imbricata ini diperkirakan seekor indukan yang sudah berusia sekitar 40 tahun.

Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) seksi 5 Jawa Timur, yang datang memeriksa kondisi penyu menduga kalau penyebab kematian seeokor penyu sisik karena terkena jeratan jaring nelayan pada bagian lehernya.

Jeratan jaring nelayan ini sampai membuat leher penyu yang memiliki panjang hampir 50 centimeter dan lebar 47 centimeter ini, membengkak. Selain karena jeratan jaring, matinya penyu jenis sisik ini juga diduga karena banyaknya jamur karang yang terdapat di tubuh penyu.

Warga yang menemukan penyu mati di pesisir selat Bali ini, membenarkan kalau saat patroli pantai, ada dua ekor penyu dengan jenis yang sama berdiam diri di pantai. Setelah didekati, ternyata salah satu dari dua ekor penyu ini sudah tak bergerak sama sekali.

“Lantaran tidak bergerak sama sekali, warga langsung membawa penyu tersebut kembali ke pantai. Sedangkan penyu lainnya yang masih hidup dikembalikan ke laut,” terang Mursidi pengelola pantai Calakan.

Setelah penyu dipastikan benar-benar mati dan diketahui penyebab kematiannya, akhirnya petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) dibantu warga mengubur bangkai penyu sisik ini tidak jauh dari lokasi pantai.

Happy Oktavia | Banyuwangi-Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments