youtube channel

Channels

Tim SAR Gabungan Cari 8 Pendaki Yang Terjebak di Gunung Marapi

Tim SAR Gabungan Cari 8 Pendaki Yang Terjebak di Gunung Marapi

Tim SAR Gabungan Cari 8 Pendaki Yang Terjebak di Gunung Marapi

antvklik.com - www.antvklik.com- Delapan orang pendaki terjebak di Gunung Marapi. Kedelapan pendaki itu panik karena meletusnya salah satu gunung paling aktif di Sumatera Barat itu. Hari ini , tim gabungan terus melakukan upaya evakuasi 8 orang pendaki yang terjebak di Gunung Marapi yang terjadi sejak petang kemarin .

Berdasarkan informasi dari rombongan yang berhasil selamat, kedelapan pendaki terjebak di Gunung Marapi ini terpisah saat erupsi terjadi dan langsung turun ke bawah menyelamatkan diri. Sedangkan sisa rombongan terjebak disinyalir di titik turun ke lokasi lain namun kondisi fisik yang tidak baik, mengakibatkan mereka kelelahan .

Kedelapan pendaki terjebak di Gunung Marapi itu saat ini masih berada di puncak gunung menyelamatkan diri , karena hingga saaat ini masih terjadi erupsi di kawah gunung sehingga membahayakan keselamatan .

Erupsi Gunung Marapi Sumatera Barat

Salah satu pendaki yang berhasil turun tadi malam , Dwi mengatakan, ia bersama sekitar 16 orang pagi kemarin memang erencana akan turun. Namun erupsi unung yang mengeluarkan abu vulkanik , terjadi sehingga membuat mereka terpencar.

Saat ini upaya evakuasi yang dilakukan tim SAR gabungan terus dilakukan untuk mengevakuasi pendaki yang terjebak di Gunung Marapi , meski terdapat halangan seperti abu vulkanik yang terus menyembur dari kawah gunung .

Sementara itu sebanyak empat Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, terkena dampak semburan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu (4,6,2017). Empat kecamatan yang terkena dampak abu vulkanik tersebut adalah Batipuh, Pariangan, Sungai Tarab, dan Salimpaung.

Hari ini, Gunung Marapi meletus sebanyak 4 kali. Erupsi pertama terjadi pada pukul 10.01 WIB, diikuti dengan abu vulkanik ketinggian 300 meter dari puncak yang mengarah ke Timur, Kecamatan Pariangan. Amplitudo letusan mencapai 6 milimeter, dengan durasi gempa 35 detik.

Kemudian letusan kedua berlangsung pada pukul 10.22 WIB, dengan amplitudo 4 milimeter, durasi 22 detik. Pada letusan kedua, abu vulkanik ketinggiannya mencapai 700 meter, masih ke arah Pariangan. Pada pukul 11.56 WIB, hembusan terakhir Gunung Marapi. Cuaca di sekitar Marapi cerah dan tidak ada tanda-tanda letusan vulkanik.

Dari Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, Donal Caniago melaporkan


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments