youtube channel

Channels

Saat God Bless Memborong Lagu-lagu Album Semut Hitam (II)

Saat God Bless Memborong Lagu-lagu Album Semut Hitam (II)

God Bless (Foto Kalam Rachman)

Ada yang berbeda dari suguhan God Bless di atas panggung, PRJ, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (19/6) lalu. God Bless memborong lagu - lagu dari album Semut Hitam yang rilis tahun 1987, dalam susunan lagu.

antvklik.com - Bagaimana riwayat album Semut Hitam?

Album Semut Hitam dirilis medio November tahun 1987. Album ini lahir sebagai muara dari proses pergulatan God Bless sebelumnya yang mencoba bangkit lagi pada tahun 1986.

Lewat tangan seorang promotor musik rock, Log Zhelebour, God Bless menggelar tur ke sejumlah kota di Pulau Jawa diantaranya Bandung, Semarang, Surabaya dan Jakarta. Mereka membawakan lagu-lagu Deep Purple.

Kala itu, ketika God Bless membawakan lagu - lagu Deep Purple , sebenarnya mereka bersiasat untuk mempertahankan eksistensi nama grup di atas panggung musik rock tanah air.

Klimaks dari tur itu, adalah proyek album rekaman. Log memfasilitasinya. Maka bergulatlah para personil di studio rekaman Musica, Perdatam, Jakarta Selatan.

Pada November 1987 album tersebut rilis dengan tajuk “God Bless 88 Semut Hitam“. Log memberi tajuk angka tahun 88 pada album lantaran insting dagangnya. Ia berdalih, meski album itu dirilis tahun 1987, tapi sudah di ujung tahun. Prediksinya, album anyar God Bless akan bermain panjang pada tahun 1988.

Benarkah?

Pada masa awal promo album, God Bless menggelar tur ke Sumatera akhir 1987. Band pendampingnya, Elpamas dengan vokalis Ecky Lamoh.

Ada yang menarik ketika God Bless tampil dalam rangkaian tur promo itu. God Bless yang sebelumnya melahap reportoar lagu-lagu rock barat, nyatanya harus membawakan lagu-lagu karya sendiri yang jadi materi album promo.

Bagaimana respon publik?

Menurut Log Zhelebour, public lebih merespon aksi Ecky Lamoh yang membawakan lagu barat, “Immigrant Song“ milik Led Zeppelin.

Lalu tahun berganti, 1988 tiba. Tur berlanjut. God Bless tetap menyuarakan lagu -lagu karya sendiri.

Ahmad Albar (Foto Kalam Rachman)

Tampil di Layar Kaca

Momentum itu pun tiba. Log memasuki ranah promo layar kaca. Lagu “Kehidupan“ yang ada pada urutan pertama di album Semut Hitam jadi klip. Pada Februari 1988, klip itu tampil di program musik TVRI, Aneka Ria Safari dan berlanjut ke Selecta Pop.

Jrengg ! maka barulah public menoleh God Bless. Secara komersil, album ini mulai dilahap penggemar rock. Lalu popularitas lagu “ Kehidupan “ yang gentayangan di layar kaca berdampak pada lanjutan tur God Bless ke Jawa dan Bali.

Setiap God Bless manggung, penonton sudah lebih dulu hafal hits “Kehidupan“ , “Rumah Kita “, “Semut Hitam“ dan lainnya.

Inilah, racikan rock berbahasa Indonesia yang enak didengar.

Bravo buat para personil God Bless, Achmad Albar ( Vokal ) , Ian Antono ( Gitar), Donny Fattah ( Bass ), Abadi Soesman ( Keyboard ) dan Fajat Satritama (Drum ).

Oleh Yosi Mahalawan- Wartawan Antv


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments