youtube channel

Channels

Rusa Unik Bawean Tinggal 303 Ekor Lagi

Rusa Unik Bawean Tinggal 303 Ekor Lagi

Rusa Unik Bawean Tinggal 303 Ekor Lagi

antvklik.com - www.antvklik.com - Balai Besar Konvervasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) dan sejumlah lembaga konservasi di Jawa Timur serta pegiat satwa melepaskan enam ekor rusa asli Bawean agar bisa berkembang biak dengan baik. Pelepasan satwa unik dan langka di dunia ini berjumlah empat ekor berjenis kelamin betina dan dua ekor jantan, yang sudah melalui proses observasi selama satu bulan. Masing-masing rusa juga telah dipasang radio-transmitter sebagai langkah pengawasan.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan, pelepasliaran hewan bernama latin axis kuhlii ini merupakan bentuk perhatian kementerian dalam melestarikan adanya rusa Bawean yang merupakan satu-satunya spesies rusa yang ada di dunia, agar keberadaannya tidak punah.

rusa gresik

Menurut monitoring BBKSDA Jawa Timur keberadaan rusa Bawean ini semakin terancam punah. “Pada tahun 2016 populasi rusa Bawean diperkirakan tinggal 303 ekor, dan angkanya terus mengalami penurunan,” ujar Herry Subagiadi dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Sementara itu menurut Lembaga Konservasi Maharani Zoo dan Goa Lamongan, populasi rusa Bawean yang terus menurun membuat beberapa lembaga konservasi ikut andil dalam upaya menjaga kelestraiannya dengan cara pengembangkiakan. Saat ini rusa Bawean termasuk satu dari empat spesies prioritas yang populasinya akan ditingkatkan sebesar 10 persen hingga tahun 2019. Keunikan rusa Bawean ini adalah lebih lincah dan tubuhnya lebih kecil daripada rusa pada umumnya.

Kegiatan konservasi di pulau terpencil yang berjarak 80 mil dari Kabupaten Gresik ini sekaligus untuk memperingati hari cinta puspa dan satwa di Indonesia. Laporan Muhammad Habib dari Gresik, Jawa Timur


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments