youtube channel

Channels

Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Akan Beroperasi Juni 2019

Runway Ketiga Bandara Soekarno-Hatta Akan Beroperasi Juni 2019

Antrean pesawat: Harga tiket pesawat mahal membuat pemudik bakal memilih moda transportasi lainnya

antvklik.com - - Runway atau landasan pacu ketiga bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten akan rampung sebentar lagi. Menteri BUMN Rini Sumarno saat mengecek di lokasi, Senin (8/4/2019) mengatakan, runway ketiga akan dapat beroperasi pada Juni 2019. Targetnya, dengan penambahan runway ini, pergerakan pesawat di bandara ini dapat mencapai 120 pesawat per jam.

Bandara Soekarno Hatta telah memiliki dua runway dan hanya mampu menampung pergerakan 81 pesawat setiap jam. Padahal frekuensi penerbangan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tak heran banyak terjadi antrean panjang pesawat, baik yang akan lepas landas, maupun yang akan mendarat. Guna meningkatkan kapasitas bandara, dibangun runway ketiga sepanjang 3.000 meter sejak Juni tahun lalu.

Sejauh ini, pembangunan runway ketiga sudah mencapai 87 persen. Selain runway ketiga, juga dibangun paralel taxiway, yaitu jalur penghubung antara runway dengan apron atau parkir pesawat. Pembangunan paralel taxiway sudah mencapai 92 persen.

Total biaya pembangunan runway ketiga dan taxiway paralel mencapai Rp6 triliun. Angka tersebut sudah termasuk biaya pembebasan lahan.

Peliput : Rusdy Muslim - Tangerang Banten

Berikut Liputannya:


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments