youtube channel

Channels

Begini Awal Mula Riset Tanaman Bajakah yang Manjur Sembuhkan Kanker

Begini Awal Mula Riset Tanaman Bajakah yang Manjur Sembuhkan Kanker

Yazin dkk diterima Gubernur Kalteng (ANTV/Agung Supriyanto)

Tanaman bajakah kini menjadi buah bibir masyarakat karena dianggap manjur sembuhkan kanker payudara. Ini berawal dari riset pelajar SMA tentang tanaman tersebut dan jadi juara di sebuah ajang internasional.

antvklik.com - - Adalah Yazid, seorang SMA Negeri 2 Palangkaraya yang teringat dengan pengalaman keluarga dengan tanaman bajakah. Saat itu neneknya mengonsumsi ramuan tanaman bajakah untuk mengobati penyakit kanker payudara yang sudah memasuki stadium empat.

Tanaman bajakah yang biasa tumbuh di hutan tropis Kalimantan Tengah, memang sudah lama dikenal manjur menyembuhkan penyakit kanker oleh masyarakat Dayak.

Setelah nenek Yazid mengonsumsi ramuan tanaman bajakah secara rutin, kondisi kesehatannya berangsur pulih. Bahkan saat diperiksa ke dokter di Palangkaraya, hasilnya menakjubkan. Penyakit kanker payudara yang diidap nenek Yazid sudah sembuh total.

Atas pengalaman tersebut, Yazid bersama kedua rekan sekolahnya, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri meneliti lebih lanjut tanaman ini ke laboratorium Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Mereka melakukan ujicoba dengan memvaksin seekor tikus yang terkena penyakit kanker. Sebulan kemudian, terbukti tanaman bajakah dapat mematikan sel kanker dalam tubuh tikus.

Dari hasil riset ini kemudian mereka bawa dalam ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul Korea Selatan pada 25 Juli 2019.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran sangat mengeapresiasi prestasi Yazid dan kawan-kawan. Karena itu pihaknya akan mendorong kembali peneltiian tanaman ini. Dan jika benar-benar terbukti dapat menyembuhkan kanker, maka akan diperjuangkan hak paten untuk tanaman bajakah.

Agung Supriyanto I Palangkaraya, Kalimantan Tengah


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments