youtube channel

Channels

Ribuan ASN Pemprov DKI Jakarta Ikuti Upacara HUT Ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Ribuan ASN Pemprov DKI Jakarta Ikuti Upacara HUT Ke-74 RI di Pulau Reklamasi

Suasana Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pulau D reklamasi, Jakarta. (Foto: ANTV/Bambang Suprianto).

Sekitar 9.000 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi (ASN Pemprov) DKI Jakarta mengikuti Upcara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Pulau D reklamasi, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019).

- Sejak pukul 06.00 WIB Pulau D reklamasi Teluk Jakarta di kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara, telah dipadati oleh sekitar 9000 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

antvklik.com - Mereka kompak berseragam Korpri, satu persatu turun dari bus, lalu berbondong-bondong menuju ke area lapangan untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh Paskibraka DKI Jakarta. Setelah itu, Anies Baswedan mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta, mengenang dan mendoakan para pahlawan.

"Bayangkan apabila kita di tahun 1945 ditemui anak-anak kita usia belasan mengatakan, ibu ayah saya akan berangkat ke medan pertempuran untuk mempertahankan bendera yang baru saja dikibarkan. Ibu-ibu melepas kepergian mereka, sebagian dari mereka tidak kembali karena gugur di medan perjuangan. Mari kita berdoa untuk mereka yang gugur, dan untuk para ibu yang telah melahirkan para pejuang," seru Anies.

Usai pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Anies memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Anies menegaskan bahwa lahan reklamasi bukanlah milik pribadi, melainkan milik negara.

"Kita menyelenggarakan upacara secara khusus di lahan ini. Ini adalah lahan yang ketika Proklamasi dikumandangkan, belum ada tanah ini. Ini adalah lahan baru. Tapi kita ingin kirimkan pesan kepada semua bahwa ini bukan lahan milik pribadi. Ini adalah lahan milik Negara Republik Indonesia," ujar Anies berapi-api.

Anies melanjutkan, peringatan Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 RI di lahan reklamasi, merupakan pesan kuat, yang menegaskan bahwa tanah maupun air yang ada disini merupakan bagian dari tanah air Indonesia.

"Saudara-saudara sekalian turut menjadi saksi. Saudara-saudara sekalian turut menjadi bagian dari yang memastikan bahwa di Ibu Kota ada keadilan. Di Ibu Kota ada kepastian hukum. Dan insyaAllah ini akan bisa menjadi contoh bagi anak-anak kita dan anak-anak dari anak-anak kita," ungkap Anies.

Upacara tahun ini terasa sangat berbeda bagi para ASN Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bila tahun lalu, upacara diadakan di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, maka tahun ini, mereka harus menempuh jarak sekitar 23 kilometer dari tempat mereka bekerja, menuju ke Pulau D kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara.

Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pulau Reklamasi, 9.000 ASN Pemprov DKI Jakarta Ikut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, usai Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pulau D reklamasi, Jakarta.

Perihal pelaksanaan Upacara di Pulau D, sebelumnya, sudah termaktub dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Upacara Pengibaran Bendera dalam Rangka Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI Tahun 2019.

Seperti diketahui, dahulu lahan hasil reklamasi adalah wilayah tertutup, bahkan media tidak bisa masuk karena dijaga ketat. Dengan diselenggarakannya Upacara Kemerdekaan di sana, Anies berharap, masyarakat akan mengetahui bahwa seluruh elemen warga negara berhak untuk masuk ke kawasan tersebut.

Selepas sambutan, anggota paduan suara menyanyikan lagu nasional. Suasana di Pulau D menjadi syahdu saat para anggota paduan suara menyanyikan lagu Pantang Mundur milik Titiek Puspa.

Kulepas dikau pahlawan
Kurelakan dikau berjuang
Demi keagungan negara
Kanda pergi ke medan jaya

Seusai alunan lagu ini, upacara berakhir sekitar Pukul 08.30 WIB dan seluruh peserta membubarkan diri. Selajutnya, Anies pun bergegas menuju Istana Merdeka, untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

(Alfia Sudarsono | Bambang Suprianto | Jakarta)


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments