youtube channel

Channels

Ratusan Kapal Cantrang Tidak Melaut, Harga Ikan Merangkak Naik

Ratusan Kapal Cantrang Tidak Melaut, Harga Ikan Merangkak Naik

Ratusan Kapal Cantrang Tidak Melaut, Harga Ikan Merangkak Naik

antvklik.com - - Pelarangan penggunaan jaring cantrang membuat ratusan cantrang di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah berhenti beroperasi. Akibat tidak melautnya kapal cantrang tersebut memicu kenaikan harga berbagai jenis ikan di pasar tradisional Rembang.

Kapal-kapal nelayan ini sudah tidak digunakan melaut sejak akhir tahun 2017 lalu. Pemicu utamanya adalah kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang melarang pemakaian jaring cantrang.

Nelayan takut melaut karena khawatir ditangkap aparat, apalagi rata- rata masa berlaku surat izin penangkapan ikan (SIPI) kapal cantrang telah berakhir dan tidak bisa diperpanjang lagi.

Tidak melautnya ratusan kapal cantrang ini berdampak terhadap naiknya berbagai jenis ikan di pasar tradisional Rembang Jawa Tengah.

Kenaikan harga berbagai jenis ikan di pasar tradisional Rembang Jawa Tengah.

Harga ikan kakap yang semula 25 ribu naik menjadi 30 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan ikan dorang yang semula 40 ribu rupiah,sekarang naik menembus 50 ribu rupiah per kilogram.

Ikan kembung naik menjadi 35 ribu rupiah per kilogram dari harga sebelumnya 30 ribu rupiah per kilogram, ikan kerapu kini bahkan sudah mulai langka di pasaran.

Naiknya harga ikan laut di pasaran ini dikeluhkan oleh para pembeli. untuk menekan pengeluaran mereka terpaksa mengurangi jumlah pembelian.

Para pedagang dan warga masyarakat berharap harga ikan bisa kembali normal sehingga bisa mengurangi beban pengeluaran keuangan rumah tangga dan aktifitas jual beli di pasar tradisional kembali menggeliat.

Laporan Abdul Rohim Rembang Jawa Tengah


icon featured

Related Article

icon featured

Popular

icon featured

Comments