youtube channel

Channels

Puluhan Nelayan Hentikan Kapal Penyedot Pasir Laut di Bintan

Puluhan Nelayan Hentikan Kapal Penyedot Pasir Laut di Bintan

Para nelayan mengepung kapal penyedot pasir laut. (Kurnia S/ANTV)

Puluhan nelayan hentikan kapal penyedot pasir laut di Bintan, Kepulauan Riau. Aksi ini dilakukan karena kesal akan aktivitas penyedotan pasir yang merusak ekosistem laut dan menyebabkan berkurangnya hasil tangkap nelayan.

antvklik.com - Menumpangi tujuh perahu para nelayan pesisir Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau yang tergabung dalam kesatuan nelayan tradisional indonesia menghadang dan menghentikan aktivitas kapal sedot pasir yang sedang melakukan aktivitas di sekitar perairan Pulau Hantu, Bintan.

Puluhan nelayan menaiki kapal sedot pasir dan menemukan beberapa alat tangkap ikan nelayan yang ikut tersedot ke dalam lambung kapal.

Aktivitas penyedotan pasir laut tersebut dilakukan oleh kapal milik PT Kurnia Jaya, asal Surabaya. Alasan menyedot pasir untuk pendalaman alur lintasan kapal menuju dermaga pelabuhan kawasan ekonomi khusus Bintan.

Menurut Buyung, salah seorang nelayan, akibat aktivitas penyedotan pasir laut tersebut ekosistem laut sekitar Pulau Hantu terancam rusak. “Dan kerugian kami hasil tangkap yang menurun drastis,” katanya.

Aksi penghentian kapal sedot pasir oleh puluhan nelayan ini merupakan aksi kedua kalinya. Aksi pertama dilakukan sekitar dua pekan silam, namun meski telah bertemu dengan pihak perusahaan dan pihak pengelola operasional kapal aktivitas penyedotan pasir laut tersebut masih terus berjalan.

Kurnia Syaifullah | Bintan, Kepulauan Riau


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments