youtube channel

Channels

Alasan Penghematan, Presiden Ini Naik Pesawat Komersial

Alasan Penghematan, Presiden Ini Naik Pesawat Komersial

Presiden Meksiko memilih naik pesawat komersial demi penghematan (Courtesy [email protected])

antvklik.com - - Bayangkan, jika Anda sedang naik menumpang pesawat terbang, ternyata yang duduk di sebelah Anda adalah seorang presiden. Inilah yang terjadi di Meksiko sekarang. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador memilih bepergian keluar kota dengan naik pesawat komersial dengan alasan penghematan.

Lopez benar-memang benar memenuhi janji kampanyenya untuk menghemat anggaran negara. Belum lama dilantik sebagai presiden, ia berencana melelang seluruh pesawat milik pemerintah termasuk pesawat kepresidenannya, jenis Boeing 787 Dreamliner TP 01.

Bagi Lopez, adalah hal yang memalukan jika dirinya memakai pesawat mewah di tengah banyaknya masyarakat Meksiko yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Maka dalam suatu perjalanan ke Veracruz dari Mexico City, baru-baru ini, Lopez terbang seperti penumpang biasa lainnya. Ia duduk di kursi dekat jendela hingga membuat heboh seisi pesawat. Sejumlah penumpang langsung mengabadikan momen langka ini dengan kamera ponselnya dan membagikan ke media sosial

Seperti dikutip Reuters, pemerintahan baru Meksiko juga akan melelang 60 pesawat terbang dan 70 helikopter. Khusus untuk pesawat kepresidenan Boeing 787 Dreamliner TP 01, dibeli pemerintah Meksiko pada 2012. Saat itu pesawat ini dibeli dengan harga 218 juta dollar AS atau sekira Rp 3,1 triliun. Belum jelas, berapa harga jual yang dipatok pemerintah Meksiko saat ini.

pesawat kepresidenan Meksiko di bandara Pesawat kepresidenan Meksiko jenis Boeing 787 Dreamliner TP 01 (Courtesy Getty Images)

Sebagai perbandingan, pesawat kepresidenan Indonesia menggunakan jenis Boeing Bussiness Jet atau BBJ 2. Varian dari seri 737 NG ini dibeli pada 2012 lalu dengan harga 91 juta dollar AS atau sekira Rp 864 miliar.

Sumber : CNN


icon featured

Popular

icon featured

Related Article

icon featured

Comments